Ditresnarkoba Polda Jatim Sita Sabu 13,5 Kg

Surabaya, koranmemo.com – Kasus peredaran narkotika di wilayah Jawa Timur kembali diungkap oleh Direktorat Serse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jatim.  Hasil ungkap tersebut kemudian dirilis di  halaman Mapolda Jatim, Rabu (19/9).

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, lima tersangka yang ditangkap oleh Anggota Ditresnarkoba Polda Jatim ini 4 di antaranya adalah wanita, yang berinisial, AMN (35), dan NA (35), warga Malang, ES (31), asal Surabaya dan AA (39) asal Pasuruan, serta satu tersangka pria bernisiial BS (28), asal Surabaya.

“Petugas juga berhasil menyita 13,5 kilogram dari tangan lima tersangka,” ujarnya didampingi Wakapolda Jatim, Brigjen Pol M. Iqbal.

Irjen Luki mengungkapkan, pengungkapan kasus ini dumulai sejak April tahun ini.  Awalnya, Ditresnarkoba Polda Jatim berhasil menangkap dua pelaku disertai barang bukti 6 kilogram sabu. Kemudian, petugas mengembangkan kasus ini hingga pada akhir bulan Agustus 2018 lalu.

“Hal itu hasil pengembangan tersebut, petugas telah menangkap lima orang tersangka masing-masing berinisial, AMN, NA, AA, ES dan BS,” tuturnya.

Penangkapan berawal saat tersangka berinisial AA sebelumnya mendapat telepon dari seseorang diduga bandar berinisial T untuk mengambil barang (sabu) di Daerah Pontianak. Lalu, tersangka AA mengajaknya dua rekan lain, AMN dan NA.

Keduanya berangkat ke Pontianak dengan menggunakan transportasi jalur udara pesawat Lion Air pada pukul 18:00 WIB, yang dibiayai oleh pelaku T.

Sesampainya di lokasi mereka mengambil sabu dengan berat 13,5 kilo dibungkus kardus putih dibawanya ketiga Pulau Jawa melalui akses jalur laut. Saat kapal yang ditumpanginya bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah, mereka ditangkap petugas Ditreskoba Polda Jatim.

“Sampai saat ini T masih menjadi buronan,” pungkasnya.

Reporter: M. Fauzi

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date