Ditinggal Pergi, Rumah Terbakar

Kediri, koranmemo.com — Salah satu rumah yang berada di RT 03/RW 02 Dusun Manyaran Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri milik Masduki (50), terbakar, Jumat (17/5). Kebakaran tersebut, terjadi sekitar pukul 16.30 WIB yang diduga karena hubungan pendek arus listrik (korsleting).

KA UPT Damkar Kota Kediri, Fajar Khoirul Hidayah mengatakan, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh tetangga korban yang rumahnya saling bersebrangan. “Saat itu saksi, Marianto (40) berada di luar rumah dan melihat kepulan asap ke luar dari bagian belakang rumah milik Masduki,” jelasnya, saat dikonfirmasi Koranmemo.com.

Setelah memeriksa ke rumah korban, ternyata muncul kobaran api dari bagian dapur. Mengetahui hal tersebut, saksi segera meminta bantuan warga yang lain untuk memadamkan api. Selain itu, warga juga melaporkan kejadian tersebut kepada pihak pemadam kebakaran (Damkar) Kota Kediri.

Sembari menunggu petugas Damkar datang ke lokasi, warga terus berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, bahkan warga juga menaiki tangga untuk menyiram air dari atas bangunan. Meskipun usaha warga sudah maksimal, namun api belum kunjung padam dan merambat ke bagian tengah bangunan.

Petugas yang sampai di lokasi, segera melakukan pemadaman dengan satu unit mobil PMK. Api baru bisa dipadamkan setelah kurang lebih satu jam penyemprotan. “Sekitar 70 persen bangunan hangus terbakar. Saat kejadian, pemilik rumah juga tidak ada dan rumah dalam keadaan kosong,” tutur Aiptu Nanang Setyawan, kasi Humas Polsek Banyakan.

Api yang membakar rumah tersebut, diduga karena korsleting listrik. Pasalnya, dari keterangan pemilik rumah, saat meninggalkan rumah tidak menyalakan kompor atau memasak apapun di dapur. Beruntung dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 75 juta.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date