Ditinggal Mudik, Polisi Patroli di Perumahan

Sidoarjo, koranmemo.com – Sejumlah perumahan di Sidoarjo mulai sepi. Banyak penghuni memanfaatkan libur musim lebaran untuk mudik ke kampung halamannya, Selasa (12/6/2018) sore.

Sejauh ini semua laporan dari Sat Sabhara Polresta Sidoarjo dalam keadaan kondusif. Kendati demikian petugas Sat Sabhara Polresta Sidoarjo gencar melakukan patroli di beberapa perumahan yang ada di Sidoarjo.

“Sejuah ini semua dalam keadaan aman dan kondusif. Patroli terus kami gelar. Perumahan-perumahan terus kami datangi satu persatu oleh personil patroli Raimas,” ungkap Kasat Sabhara Polresta Sidoarjo Kompol Deddy Iskandar.

Pihaknya menyebut kegiatan patroli ini dilakukan rutin pada pagi dan sore hari. “Mulai H-7 sampai dengan H+7. Tidak hanya di perumahan-perumahan kami melakukan patroli keliling ini untuk mengantisipasi segala bentuk jenis kejahatan selama libur Lebaran Idul Fitri 2018 ini. Selain antisipasi kasus curat, curas, dan curanmor, patroli rutin juga digelar untuk mengantisipasi kasus-kasus teror,” lanjut polisi dengan satu melati di pundaknya ini usai patroli di perumahan Taman Pinang.

Dalam patroli di kompleks perumahan, lanjut Deddy, melakukan patroli dalam bentuk dialogis. Artinya, melakukan komunikasi dan koordinasi dengan satpam perumahan atau security yang sedang bertugas. “Komunikasi dengan para petugas satpam sangat penting. Sewaktu-waktu ada hal mencurigakan, mereka diminta untuk langsung melapor ke petugas,” lanjutnya.

Sekedar diketahui, selama musim mudik Lebaran ini, patroli juga digiatkan di pusat-pusat perbelanjaan, pasar, pertokoan, penjualan emas, mal, perbankan, pusat-pusat ATM, dan sejumlah pusat keramaian lainnya.

Di beberapa titik rawan ada personil khusus yang disiagakan dengan persenjataan lengkap selama 24 jam. Sementara patroli di pusat-pusat keramaian, digelar dua kali dalam sehari. Setiap pagi dan sore.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date