Disnakertran Kabupaten Kediri Gelar Bursa Kerja: Diikuti 62 Perusahaan, Tersedia 3000 Lowongan Kerja

Kediri, koranmemo.com – Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Kediri menggelar bursa kerja. Hal ini menyusul jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Kediri yang mencapai 27.000 di tahun 2017 atau 3,18 persen dari angkatan kerja sebanyak 0,85 juta dari jumlah penduduk sebanyak 1,5 juta jiwa.

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) 3,18 di Kabupaten Kediri masih di bawah provinsi dan untuk tingkat nasional 5 persen. Kegiatan ini diikuti 62 perusahaan dari lokal hingga nasional dengan jumlah 3000 lowongan kerja.
Melalui bursa kerja 2018 inilah diharapkan antar pencari kerja dan penyelenggara kerja bisa bertemu.

Tentunya sesuai harapan penyelenggara kerja dan diadakannya di Kabupaten Kediri dengan harapan pengangguran di Kabupaten Kediri bisa terserap dalam bursa kerja.

Ir Dwi Hari Winarno Kepala Disnakertran Kabupaten Kediri berharap agar lowongan kerja yang jumlahnya ribuan dan dalam waktu dua hari bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pencari kerja. Penyelenggara kerja bisa mendapatkan kualitas dan latar belakang akademis sesuai bidang masing-masing.

“Secara umum kegiatan ini merupakan bursa kerja ke IV di akhir tahun yang digelar Disnakertran. Karenanya bagi mereka yang serius dalam mencari lowongan kerja bisa mencari informasi selengkapnya selama dua hari ini. Ini kesempatan emas dan agenda tahunan bisa dimanfaatkan dengan baik,” jelasnya.

Sementara Ir Widodo Imam Suprapto Asisten II Bidang Ekonomi dan Pemerintahan yang mewakili Bupati Kediri mengatakan perusahaan yang mencari karyawan bisa langsung mencari karyawan dan wawancara langsung. Kehadiran camat di Kabupaten Kediri juga sangat penting, karena kehadiranya berperan memberi informasi kepada warganya di wilayahnya.

“Sangat penting dan harus bisa dimanfaatkan dengan baik karena ada ribuan lowongan pekerjaan yang disediakan. Karenanya pencari kerja harus memanfaatkan kesempatan ini utamanya warga Kabupaten Kediri. Dengan harapan banyaknya penggangguran di Kabupaten Kediri bisa berkurang dengan adanya bursa kerja,” katanya.

Sementara Levia (25) warga Jl Supriadi Tulungagung mengapresiasi adanya bursa kerja ini. Sebelumnya sudah bekerja di Malang dan ingin pindah ke Kediri yang dekat dengan rumah. “Kita cari informasi untuk pekerjaan yang pas buat saya dan tidak jauh jika dari Tulungagung ke Kediri,” jelasnya.

Sementara, Ida Senior Recovery dari Otto Group mengatakan adanya bursa kerja akan memudahkan perusahaannya untuk mencari karyawan yang berkualitas. Ada 25 lowongan di perusahaan otto group yang dibutuhkan. Karena perusahaan sedang berkembang, otomatis terus membutuhkan karyawan dari lulusan S.1 atau SMA.

“Sangat terbantu dengan adanya bursa kerja saat ini dan setiap ada event seperti sekarang kami selalu ikut. Mengingat sejauh ini perusahaan tempat kami kerja terus ekspansi dengan menambah karyawan setiap tahunya,” jelasnya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date