Disdik Ajak Orang Tua Bacakan Anak Buku Cerita

Kediri, Koranmemo.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri mengadakan beberapa rangkaian sejak Kamis (3/5) lalu yang berlanjut hingga hari ini dan besok.  Salah satu kegiatan yang terpusat di GOR Jayabaya Kota Kediri adalah Gerakan Nasional Baca Buku, Jumat (5/5) pagi. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu dengan didampingi oleh Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Kepala Disdik Kota Kediri, Siswanto menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei lalu. Hari ini juga merupakan tanda dimulainya kegiatan Gernasbaku yang diadakan di berbagai wilayah se-Indonesia.  “Kegiatan ini rangkaian Hardiknas yang diisi juga dengan Gelar Seni Budaya Pelajar Kota Kediri (Genibudjari), karena bertepatan dengan Gernasbaku maka dijadikan satu dan dilaksanakan selama dua hari 5-6 Mei,” tuturnya.

Sekda Pemkot Kediri, Budwi Sunu mengatakan, peringatan Hardiknas ini unruk mengingatkan akan penting peran orang tua terhadap pendidikan anaknya. Karena pendidikan  non formal pertama  yang diterima adalah adalah dari lingkungan keluarga.

“Ada tiga hal penting yang bisa dipetik dalam peringatan kali ini. Pertama menyadarkan kembali orang tua akan pentingnya ilmu bagi anak. Kedua, melalui buku yang merupakan jendela ilmu maka orang tua harus mengajarkan membaca buku untuk menambah ilmu. Ketiga, membiasakan membaca buku, sebab anak akan meniru apa yang biasa dilakukan orang tua,” kata sekda.

Budwi menambahkan PAUD merupakan generasi emas yang beberapa tahun mendatang akan akan menjadi pengganti generasi saat ini.  Oleh karena itu, anak- anak ini harus dididik dengan baik agar memiliki kecerdasan otak dan emosional yang baik, serta memiliki karakter yang memiliki 18 nilai, mulai dari religius, jujur, toleransi, sampai dengan tanggung jawab.

Kegiatan dibuka secara simbolis dengan memukul gong, dan dilanjutkan menyanyikan lagu Gemarbaku. Setelah itu dilanjutkan pagelaran seni dari pelajar PAUD dan TK se Kota Kediri.(adv)

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date