Direktur Pabrik Gula Gambar Anyar Bakal Ajukan Ijin

Share this :

Blitar, koranmemo.comDirektur Pabrik Gula Gambar Anyar, I Putu Arta mengatakan,  pihaknya memang belum mengajukan ijin. Namun tak menutup kemungkinan ijin bakal diajukan. Meski demikian untuk pabriknya yang baru beroperasi tiga bulan lalu dengan kapasitas 1,5 ton perhari limbahnya digunakan untuk kepentingan pabrik.
Dirinya mencontohkan untuk limbah sepah (sisa batang tebu) tebu dikeringkan lalu digunakan untuk bahan bakar pabrik, sementara untuk ampasnya ia gunakan kembali untuk pupuk di perkebunan tebu yang ia kelola.
Ditegaskan, bahwa untuk pengelolaan air, perkebunan Gambar Anyar juga mendistribusikan air untuk warga. Bahkan selama ini, pihak perkebunan yang mengelola air untuk konsumsi oleh warga. “Air kita juga sudah distribusikan, untuk sementara buat RT 1,2,dan 3,” ungkapnya.
Puryanto warga Gambar Anyar mengaku tidak merasakan dampak polusi yang signifikan adanya pabrik gula ini. Menurutnya corong yang menghadap ke atas tidak mengganggu warga. Sementara itu, untuk kebisingan ia juga menilai tidak merasakan dampak yang keras, karena lokasi pengolahan gula berada di tengah perkebunan.

 

Reporter: Arief Juli Prabowo
Editor: Achmad Saichu
Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *