Dimakamkan Dekat Makam Ibundanya, Korban Helikopter SAR Naik Pangkat

Sidoarjo, koranmemo.com – Jenazah Peltu LPU Budi Santoso  tiba di rumah duka Perum Jala Griya TNI AL Blok M1 Nomor 2, RT 24, RW 5 Desa Karangtanjung, Kecamatan Candi Senin (3/7/2017). Pihak keluarga memutuskan untuk memakamkan jenazah korban helikopter Basarnas Dauphin AS365+HR-3602 yang  menabrak tebing di Gunung Butak, Candiroto, Temanggung, Jateng, Minggu (02/07) itu di Tempat Pemakaman Islam (TPI) Desa Bligo, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

“Penerimaan dan mensholati jenazah tetap di sini. Untuk pemakaman keluarga memutuskan almarhum adik saya dimakamkan di Bligo,” ujar Puguh Sarwono, kakak kandung korban.

‎Puguh menerangkan, sebelum dimakamkan dekat makam ibunya, pihak keluarga sempat mendapat tawaran dari pihak kedinasan (TNI AL) agar almarhum dimakamkan di tempat pemakaman pahlawan di Sidoarjo karena almarhum gugur saat menjalankan tugas negara.

“Sempat ada tawaran, namun keluarga memutuskan untuk di makamkan bersebelahan dengan makam almarhum ibu kandung, biar keluarga saat berziarah dekat,” imbuhnya.

Budi kini sudah pergi untuk selamanya, namun, kenangan semasa hidup tidak mudah dilupakan begitu saja. “Saya sangat terkenang dengan adik saya saat bercanda, dia itu suka bercanda, jiwa sosialnya tinggi dan tanggung jawab,” kenangnya.

Puguh tidak menyangka adik bungsunya menjadi korban Helikopter HR 3602 milik Basarnas yang menabrak tebing di Gunung Butak, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (2/7/2017) kemarin.

Pangkat pria 48 tahun tersebut saat ini di bagian Ur Min Si Lambangja Ops Ron 400 Wing Udara 1 di Satuan Puspenerbal itu menjadi Letda Laut (Anumerta) Budi Santoso.

Pangkat luar biasa pada putra pasangan dari Malkan dengan Amanah yang gugur demi kepentingan dan keluhuran negara dan bangsa itu diberikan langsung oleh Dan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir. ‎

Selain Budi, ada dua korban berasal dari Sidoarjo yakni Kapten Laut Solihin, warga Jalan Citarum Nomor 8 Rumdis Lanudal Djuanda dan Serka MPU Hari Marsono, warga Rt 2, Rw 3 Desa Bringin Bendo, Taman, Sidoarjo.

Upacara Militer dipimpin langsung oleh Kolonel Laut (P) Batos Leksono yang juga merupakan Inspektur Upacara di TPI Desa Bligo, Kecamatan Sidoarjo.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.