Dihadiri Bupati Kediri, GSB Kabupaten Kediri di Surabaya Upaya Kenalkan Potensi Wisata dan Budaya 

Kediri, koranmemo.com – Pemkab Kediri dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, Jum’at (12/4) hingga Sabtu (13/4) mengirimkan tim kesenian di Gelar Seni Budaya (GSB) Kabupaten Kediri di gedung Cak Durasim Surabaya. Selain mengirimkan tim kesenian,Pemkab Kediri mengirimkan sejumlah pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kediri yang ikut pameran.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno hadir dalam kegiatan GSB dan merupakan agenda tahunan yang digelar Pemkab Kediri. Bupati Kediri sempat bertukar cindera mata dengan perwakilan Dinas Pariwisata dan Budaya Propinsi Jawa Timur. Pagelaran budaya asli Kabupaten Kediri upaya mengenalkan budaya dan produk UMKM Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno melalui Krisna Setiawan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kediri menjelaskan, agenda GSB ini merupakan  agenda tahunan yang digelar Kabupaten Kediri. Selama dua hari di Surabaya tim budaya Pemkab Kediri menampilkan pentas seni dengan penggalian seni tradisi asli Kabupaten Kediri.

Pentas seni selama dua hari ini juga menampilkan tari Hastungkora,Fragmen Tari Panji Laras, Tari Sarinjing, Tari Topeng Panji Gagahan Halus dan  sendratari Sang Bhagawantha Bhari sebagai sendratari yang mendapatkan banyak pujian dari kalangan seniman dan budayawan nasional.Karena legenda kisah Panji sudah mendunia dan legenda Sang Bhagawantha Bhari merupakan cerita yang wajib dipentaskan.

“ Bupati Kediri meminta perlu terus dikenalkan ke kalangan masyarakat secara luas. Namun setiap kali pentas setiap tahunya selalu dengan tema cerita berbeda. Kekayaan budaya dan sastra lakon Kabupaten Kediri inilah yang kita angkat dalam pentas Gelar Seni Budaya (GSB) di Gedung Cak Durasim Surabaya,” jelasnya.

Krisna menambahkan, untuk keikut sertaan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dan kuliner khas Kabupaten Kediri juga disertakan dalam GSB 2019 ini. Karenanya Pemkab Kediri secara utuh dan total mengirimkan misi budaya dan pelaku usaha UMKM semaksimal untuk unjuk gigi di tingkat propinsi Jawa Timur.

“Potensi budaya,pariwisata dan home industri UMKM ke tingkat Provinsi harus dipertunjukkan secara intens. Potensi budaya dan pariwisata Kabupaten Kediri perlu dikenalkan agar masyarakat mengenal lebih luas dan karya seni seniman dan budayawan Kabupaten Kediri mendunia,” katanya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date