Dibutuhkan 54 Anggota Panwascam

Sidoarjo, koranmemo.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sidoarjo resmi membuka pendaftaran panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Dari 18 Kecamatan yang ada di Sidoarjo, hanya 3 orang yang akan menjadi wakil di setiap kecamatan.

Hal tersebut diutarakan Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo, Drs. Muhammad Rasul. Pihaknya menyebutkan, hal ini merupakan salah satu upaya Panwaslu. “Agenda terdekat adalah mengawal pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018,” ujarnya. Jumat, (22/09/2017).

Selain itu, lanjut Rasul, perekrutan tersebut guna mengawasi pemilihan legislatif DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan pemilihan presiden 2019 nanti.

Dikatakan, saat ini pihaknya memasuki tahapan penerimaan pendaftaran dan penyerahan berkas dari masing-masing yang mau mendaftar menjadi calon anggota Panwas Kecamatan.

Proses rekrutmen panwascam akan dilaksanakan secara transparan dan terbuka bagi masyarakat Sidoarjo yang akan mendaftar. “Pendaftaran terakhir yakni pada tanggal 29 September 2017,” ucapnya saat dikonfirmasi di kantor Panwaslu Kabupaten Sidoarjo.

Untuk menjadi Panwascam, lanjut Rasul, minimal berumur 25 tahun. “Mempunyai ijazah terakhir SMA atau sederajat,” cetusnya

Guna mengantisipasi kebocoran soal, pelaksanaan tes tulis akan dilakukan serentak di seluruh Jawa Timur.

“Setelah pengembalian berkas, pendaftar selanjutnya diwajibkan mengikuti tahapan tes tulis terlebih dahulu, lembar soal tes tulis langsung dari Jakarta, ” jelasnya.

Lebih lanjut, dari sekian pendaftar panwascam yang lulus tes nantinya hanya masing masing kecamatan akan diambil tiga orang.

“Kita butuh 54 Panwascam dari 18 Kecamatan yang ada di Sidoarjo. Dengan tiga orang masing masing kecamatan,” tukasnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.