Di Ponorogo, Harga Bawang Putih Mulai Stabil

Ponorogo, koranmemo.com – Sempat meroket pasca Pemilu 17 Apri lalu, kini memasuki bulan Ramadan, harga bawang putih mulai turun di pasaran. Hal ini berdasarkan hasil tim gabungan Satgas Pangan Ponorogo, yang memantau harga sejumlah bahan pokok di Pasar Darurat Ponorogo (Pasar Songgolangit).

Dari hasil pantuan petugas, harga bawang putih yang semula mencapai Rp 50 ribu per kilogramnya, kini turun menjadi Rp 38 ribu untuk distributor, sedangkan di eceran menjadi Rp 40 ribu. Hal ini menyusun melimpahnya stok bawah menyusul kebijakan impor bawan dari Cina oleh Pemerintah.“Memang ada penurunan. Sudah mulai stabil. Sebelumnya mencapai Rp 50 ribu sekarang sudah Rp 35 ribu pada tingkat distributor,” terang KBO Sat Reskrim Polres Ponorogo, Ipda Hariyadi.

Sementara, harga sejumlah bahan pokok juga terpantau stabil. Antara lain, daging sapi Rp 110 per kilogram, dan daging ayam Rp 34 ribu hingga Rp 36 ribu per kilogram atau naik Rp 2 ribu dari harga normal Rp 32 ribu per kilogram. Sementara bawang merah turun menjadi Rp 20 ribu per kilogram dari harga awal Rp 30 ribu per kilogram. “Sudah mulai stabil sih hasil pantauan kami,” pungkas Kasie pengadaan, penyaluran dan perlindungan konsumen, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perdakum), Krisnawati.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date