Dewan Soroti Maraknya Pembangunan Kios 

Blitar, koranmemo.com – Maraknya pembangunan kios di atas lahan milik pemerintah desa di berbagai penjuru Kabupaten Blitar menjadi perhatian serius Komisi I DPRD setempat. Meski menjamurnya pembangunan kios di atas lahan milik desa tersebut bisa menjadi indikator geliat ekonomi perdesaan, namun keberadaannnya harus ditertibkan untuk menghindari peluang terjadinya praktik-praktik korupsi.

Berkaitan itu Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar berencana akan melakukan  regulasi atau kebijakan baru agar ke depan pembangunan kios desa lebih tertata. Baik dari status hukumnya maupun sisi manajemen pengelolaannya.
“Sebab, hingga kini belum ada kebijakan yang jelas terkait alih fungsi lahan dan juga perizinan pembangunan kios di atas tanah kas desa. Berdasarkan laporan yang masuk dan telisik kami, semuanya memang belum mengantongi izin karena belum ada regulasinya,”ungkap Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Wasis Kunto Atmojo.

Diketahui pula jika beberapa lokasi kios yang menggunakan lahan milik Pemerintah Desa yakni  lahan milik desa di Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon dan Desa Papungan Kecamatan Kanigoro.

Namun begitu, dirinya berharap segera ada regulasi yang mengatur hal itu. Sebab, jika tidak secepatnya diatur dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan baru di kemudian hari. Misalnya, berkurangnya lahan pertanian produktif maupun bersamainya problem sosial lainnya.
“Apalagi rata-rata pemilik kios itu justru dari luar desa. Hal inilah yang bisa memicu timbulnya masalah sosial,” terangnya sembari mengimbuhkan, komisinya akan sesegera melakukan koordinasi dengan lintas komisi.
“Tapi intinya, harus dibahas secara bersama untuk memunculkan kebijakan agar persoalan ini tidak semakin berlarut-larut,” tandasnya.

Reporter: Arief juli prabowo
Editor: Achmad Saichu