Dewan Geram, Perbup Kepariwisataan Tiga Tahun Baru Disusun

Madiun, koranmemo.comKomisi B DPRD Kabupaten Madiun merasa geram dengan Pemkab Madiun. Sebab hampir tiga tahun tak kunjung membuat peraturan bupati (Perbup) sebagai pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) 6/2015 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan. ‘’Perda digedok tahun 2015, tapi Perbupnya baru disusun 2018,’’ kata Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Madiun Suprapto kemarin (2/1).

Menurut dia, akibat belum adanya aturan pelaksana atas Perda 6/2015, sehingga penegakkan Perda menjadi mandul.
OPD terkait seperti Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM),  Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) maupun Satpol PP tidak bisa menindak pelaku usaha tempat karaoke yang tidak mengantongi izin usaha perdagangan minuman beralkohol (SIUP-MB). ‘’Tanpa ada perbup, perda jadi mandul. Satpol PP juga sulit menindak dan menertibkan,’’ ujarnya.

Melihat fakta tersebut, Suprapto juga curiga jika Perbup atas Perda 5/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol belum juga dibuat.
‘’Kalau perda usaha kepariwisataan sedang disusun perbup. Bagaimana dengan perbup dari Perda 5/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol?’’ tanyanya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date