Dewan Curiga Pencurian Puluhan Komputer Terkait Kasus e-Rapor

Madiun, koranmemo.com – Kalangan Anggota DPRD Kota Madiun mencurigai aksi pencurian komputer di tiga SDN di wilayah Manguharjo ada kaitannya dengan  kasus elektronik rapor (e-Rapor) yang saat ini ditangani Satreskrim Polres Madiun Kota.

“Dimungkinkan begitu (diduga ada kaitannya dengan penyidikan yang dilakukan Polisi,red). Tetapi kami tidak akan mendahului penyidikan yang dilakukan Kepolsian,” kata anggota Komisi I, DPRD Kota Madiun, Winarko, Senin (16/4).

Pihaknya bakal melakukan inspeksi mendadak (sidak) di lokasi pencurian, guna mengetahui secara persis kronologis kejadiannya. Sehingga dapat menyimpulkan apakah kasus ini murni pencurian, atau ada motif lain di balik kejadian tersebut. “Kami akan sidak untuk mengetahui secara pasti kronologisnya. Sehingga bisa mengetahui janggal atau tidaknya kasus ini,” tuturnya.

Sisi lain, Winarko mengaku sangat kecewa dengan petugas keamanan sekolah yang tidak konsisten menjaga lingkungan sekolah. Untuk itu, ia meminta tambahan pengamanan berupa CCTV yang terpasang ditiap-tiap sekolahan. “Kami dari Komisi I sangat kecewa dengan kasus ini. Sehingga keamanan harus ditingkatkan dengan adanya CCTV,” paparnya.

Lantas apa yang harus dilakukan sekolahan jelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang akan dilakukan tanggal 3-5 Mei mendatang? Winarko pun meminta Dinas Pendidikan (Dindik) untuk segera mengambil langkah. Seperti pinjam komputer ke SMPN. Karena jika harus pengadaan ulang, maka waktu yang dibutuhkan tidak mencukupi.

“Ya nanti pengadaan ulang komputer. Tetapi kan nggak bisa tahun ini, bisanya tahun depan. Kami sarankan untuk pinjam dari sekolah lain,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, 15 komputer milik SDN 02 Winongo di jalan Singosari, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun hilang. Bahkan dari informasi yang didapat, pencurian juga terjadi di SDN Patihan dan SDN Sriwijaya. Kecamatan Manguharjo.

Reporter: M Adi Saputra/Juremi

Editor: Achmad Saichu