Delapan CJH Gagal Berangkat

Blitar, koranmemo.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar memastikan delapan calon jemaah haji (CJH) di wilayahnya tidak siap melakukan rukun Islam kelima tahun ini.

Komitmen kedelapan CJH asal Blitar tersebut menunda keberangkatannya ke Tanah Suci menjadi tamu Allah, karena sampai batas akhir setoran Jumat 4 Mei 2018 lalu, gagal melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Sedianya ke delapan CJH itu akan bergabung dengan 848 orang lainnya tahun ini.

“Delapan CJH tersebut bisa melakukan penundaan keberangkatannya untuk tahun ini, dan dapat berangkat tahun berikutnya jika dipastikan sudah benar-benar siap,” jelas Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Blitar, Syaikul Munib.

Pihaknya menjelaskan, ada berbagai faktor penyebab kedelapan  CJH asal Kecamatan Gandusari dan Wonotirto itu tidak dapat melunasi BPIH tahap pertama. Diantaranya, karena orang tersebut dalam keadaan sakit sehingga membutuhkan perawatan, tidak istitho’ah (mampu) serta mempunyai masalah ekonomi.

Sementara, menurutnya untuk pelunasan BPIH tahap kedua akan dibuka 15- 20 Mei 2018 dengan kategori CJH usulan lansia dan pendampingnya, jemaah penggabungan suami istri, jemaah yang sudah pernah haji serta jamaah yang mengalami gagal sistem di tahap pertama.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date