Debit Air Sungai Naik, Pondasi Rumah Warga Ambrol

Jombang, koranmemo.com – Hujan deras mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Jombang pada Senin (27/11) sore hingga tengah malam. Ini membuat debit air Sungai Pancir di Dusun Kebondalem Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung naik. Akibatnya, aliran sungai yang deras ini menggerus plengsengan sungai hingga turut menyebabkan pondasi rumah salah satu warga setempat yang posisinya berdekatan dengan aliran sungai, ambrol.

Khoirul (35) salah satu perangkat desa setempat mengatakan, aliran sungai sedikit demi sedikit menggerus pondasi sejak pukul 21.00 WIB. Bahkan pada Selasa (28/11) pagi terlihat sudah hampir mengenai fisik rumah yang hanya menyisakan beberapa meter saja dari aliran sungai.

“Sejak tadi malam turun hujan deras. Pada pukul 21.00 WIB tiba-tiba plengsengan sungai ambrol hingga sepanjang 8 meter. Ini membuat pondasi salah satu rumah warga yang bertempat di sebelah sungai juga ambrol,” kata Khoirul kepada wartawan, Selasa (28/11) pagi.

Slamet Romadlon (50) pemilik rumah menambahkan, saat kejadian tersebut ia bersama keluarganya sedang dalam keadaan tidur di dalam rumah. Dia baru tahu jika air menggerus pondasi setelah terbangun saat salah satu tetangga meneriakinya dari luar rumah.  “Saya dan keluarga segera keluar untuk menyelamatkan diri. Waktu itu sudah tidur semua,” ujarnya.

Ditambahkan, akibat dari terjangan aliran sungai tersebut sebagian lahan samping rumah miliknya ikut tergerus sepanjang 15 meter dan lebarnya 6 meter. “Yang tergerus hingga 15 meter dan sebagian ada yang retak,” ungkapnya.

Kendatii kondisi rumah yang cukup mengkhawatirkan, Slamet tetap enggan meninggalkan rumahnya untuk mengungsi ketempat yang lebih aman. “Sementara tetap di sini (rumah),” tandasnya.

Terpisah Kepala Desa Kademangan, Hendro Wahyuadi dikonfirmasi wartawan tentang kondisi di Dusun Kebondalem mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan serta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jombang untuk langkah penanganan.

“Untuk sementara hari ini akan kita lakukan kerja bakti di wilayah sekitar longsor. Kondisi jembatan yang ada di sekitar situ untuk sementara ini masih aman,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.