Danrem 082/CPYJ : Berita Hoax Bisa Memecah Belah Bangsa

Kediri, koranmemo.com – Komando Resort Militer (Korem) 082/CPYJ Mojokerto mengadakan coffee morning bersama media se wilayah Korem 082/CPYJ, Senin (23/4). Pada kesempatan itu, Komandan Korem (Danrem) 082/CPYJ berpesan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mengingatkan bahaya berita hoax yang bisa memecah belah bangsa.

Acara coffe morning di hall pertemuan Korem 082/CPYJ ini dihadiri puluhan media yang ada di wilayah Korem 082/CPYJ Mojokerto. Kedatangan insan pers ini diterima langsung oleh Kolonel Arm Budi Suwanto Komandan Korem 082/CPYJ.
Pada sambutannya, Danrem berterimakasih atas kehadiran rekan-rekan insan pers yang hadir. Danrem mengajak untuk membentuk opini positif agar informasi yang masuk dalam ruang masyarakat bisa difilter sehingga budaya dan etika bangsa Indonesia tetap terjaga.

Menurutnya, kondisi saat ini moral dan etika dalam segala aspek kehidupan yang terkadang muncul sikap yang tidak mencerminkan ideologi sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Menyikapi itu, maka kita dengan rekan-rekan insan pers selaku pahlawan informasi yang memberikan kontribusi banyak dalam membangun informasi untuk membentuk opini positif agar informasi yang masuk keruang masyarakat bisa disaring secara bersama-sama,” ujarnya.

Kolonel Arm Budi Suwanto kemudian mencermati perkembangan media sosial yang cukup pesat saat ini sehingga memunculkan banyak informasi yang tidak bertanggungjawab atau hoax. Dia melihat betapa bahayanya informasi tersebut jika terus menyebar karena media sosial saat ini tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan tapi juga anak-anak.

“Pengguna media sosial ini sudah menjamur dari berbagai usia dan kalangan, jika informasi hoax itu terus berkembang dan tidak bijak menyikapinya maka bisa memecah belah bangsa ini. Upaya untuk menciptakan situasi kondusif itu maka tidak hanya menjadi tugas aparatur negara saja tapi seluruh elemen masyarkat termasuk insan pers dengan memberikan informasi yang bertanggungjawab dan mendidik kepada masyarakat,” jelasnya.

Danrem 082/CPYJ juga menyampaikan materi diskusi bersama media dengan ‘Demokratic Policing Melawan Hoax dan Teror’. Dia menggambarkan bagaiamana situasi di berbagai negara saat ini yang sudah hancur karena masyarakat yang sudah terpecah belah baik karena ekonomi, budaya, maupun agama.

“Saya tegaskan, dengan pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, akan terus mempersatukan masyarakat Indonesia,” tukasnya.

Reporter : Zayyin Multazam
Editor      : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date