Danau Ranu Pani Rusak Parah

Lumajang, koranmemo.com Icon Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang berupa danau yang juga dikenal dengan Danau Ranu Pani alami kerusakan parah.

Terpantau air surut, rumput dan enceng gondok bertaburan di permukaan sisa debit air menutupi keseluruhan lokasi danau, sehingga jika dilihat dari dataran yang lebih tinggi tampak seperti bukan danau melainkan mirip ladang rumput luas.

Hal ini diakui oleh Kepala Desa setempat Satumat melaui perwakilannya Imam Khodri, saat diwawancarai media ini, Sabtu (17/2)

Menurut dia, adanya erosi dari pegunungan yang turun ke lokasi di Danau Ranu Pani ini mengakibatkan pendangkalan.

“Ranu paninya jadi dangkal, terus pemeliharaan masih kurang maksimal karena rumput yang ada di lingkungan danau itu sudah kita kerjakan berkali – kali tapi tidak mampu,” ucapnya.

Ditanya soal pemanfaatan air Danau Ranu Pani ini, Imam menjelaskan jika selain sebagai sumber kehidupan satwa alam,  air danau ini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai pengairan lahan pertaniannya.

“Juga di sini kan sudah jadi destinasi wisata, sebelum ranu pani ini rusak, yang datang kesini biasa berwisata air, naik perahu. Tapi sekarang tidak ada lagi, kami mohon ini diupayakan serius oleh pihak yang berkewenangan,” katanya.

Reporter : Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.