Curi Sepeda Untuk Tebus Motor

Tulungagung, koranmemo.com – Risan Rudi Saputro (21) warga Kelurahan Jepun Kecamatan / Kabupaten Tulungagung diserahkan ke Polsek Boyolangu. Pemuda itu terbukti mencuri sepeda Polygon milik Very Andi Sugiarto (38) warga Desa / Kecamatan Boyolangu pada Rabu (7/12) pukul 16.00 WIB. Kini tersangka diamankan di Polsek Boyolangu beserta barang bukti sepeda dan uang tunai sebesar Rp 300 ribu.

Kapolres Tulungagung, AKBP Yong Ferrydjon melalui Kapolsek Boyolangu, AKP Pudji Widodo mengatakan saat itu pelaku sedang melintas di jalan di depan rumah korban. Karena melihat ada sepeda pancal yang diparkir lalu pelaku memasuki rumah korban yang sekaligus merupakan toko pracangan. “Pelaku mengambil sepeda itu kemudian membawanya pergi,” terangnya.

Lanjut Pudji sebenarnya orang tua korban mengetahui jika pelaku memasuki halaman rumahnya, namun ia tidak mencurigainya, karena dikira dia akan membeli sesuatu. “Ayah korban mengira jika pelaku adalah pembeli,” imbuhnya.

Pudji menambahkan ketika korban keluar dari dalam rumah, dia kaget karena melihat sepeda pancal tidak berada di tempat, lalu dia bertanya kepada ayahnya. Mengetahui itu ia dan ayahnya langsung mencari pelaku. Setelah berkeliling akhirnya ada orang yang melihat pelaku sedang berada di rumah seseorang. Di situ tersangka menggadaikan sepeda curian sebesar Rp 400 ribu. Tanpa membuang waktu, korban langsung menangkapnya. Pelaku pun juga mengakui perbuatannya. “Pelaku dan barang bukti langsung diserahkan ke polsek dan dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun.,” katanya.

Mantan KBO Lantas Polres Tulungagung mengatakan berdasarkan catatan kepolisian, tersangka pernah ditahan selama 6 bulan karena mencuri sepeda ontel.

Sementara itu Risan ketika diwawancarai koran memo mengatakan kalau dia sangat menyesali perbuatannya. Pemuda yang juga sebagai buruh bangunan itu mengaku membutuhkan uang sebesar Rp 300 ribu untuk menebus sepeda motor ibunya yang telah digadaikannya. “Saya sangat takut dengan ibu saya, makanya saya bingung bagaimana agar dapat segera mendapat uang,” terangnya.(yop/jb)

 

Follow Untuk Berita Up to Date