Curah Hujan Tinggi, Bantaran Sungai Deket Tergerus

Lamongankoranmemo.com – Diduga akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa hari kemarin, tanah bantaran sungai yang berada di Desa Deket Kulon Kecamatan Deket sempat mengalami sliding sepanjang 12 meter, Selasa (22/1).

Mendapat laporan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan bersama pihak terkait turun lapangan melakukan penanganan darurat. Sekitar 15 tim BPBD diterjunkan untuk melakukan penanganan sementara.

Tak hanya itu, Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Lamongan bersama timnya serta dibantu pula pihak Muspika wilayah setempat juga turun tangan melakukan perbaikan sementara.

Kepala BPBD Kabupaten Lamongan, Suprapto kepada awak media mengatakan bahwa bergesernya bantaran sungai Deket diduga kuat akibat tekanan debit air terlalu besar hingga sampai tergerus.

“Kemungkinan itu disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi selama beberapa hari kemarin ditambah pula dengan tekanan aliran air yang masuk dari arah selatan masuk ke sungai Deket semakin kuat,” jelas Suprapto.

Penanganan darurat, tambah Suprapto, sudah dilakukan. ‘Tugas kami hanya melakukan penanganan darurat, secara teknis untuk selanjutnya kami serahkan kepada Dinas PU Sumber Daya Air,” kayanya.

Dari sejumlah tim BPBD dibantu pihak terkait, mulai tadi pagi sudah melakukan perbaikan dengan menancapkan beberapa bongkotan pring hingga dipasang gedek lalu diberi glangsing yang berisi pasir.

Disinggung mengenai perbaikan lanjutan terkait bantaran sungai yang tergerus, Suprapto  mengaku jika pihaknya hanya bertugas melakukan penanganan darurat terhadap kejadian sliding. Namun, tidak menutup kemungkinan, pihaknya juga akan melakukan pemantauan terhadap perkembangan selanjutnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi hal yang sama (sliding) di wilayah lain, BPBD juga sudah memonitor beberapa sungai diantaranya di wilayah Kecamatan Kedungpring. “Jika ada dampak kecil seperti tanah sliding atau yang lain kami akan secepatnya menginfokan pihak terkait untuk segera ditindak lanjuti,” imbuhnya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date