Cuaca Buruk, Harga Sejumlah Bahan Dapur Meroket

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Cuaca buruk yang terjadi selama beberapa pekan terakhir di Kabupaten Nganjuk berimbas terhadap harga kebutuhan rumah tangga. Tak tanggung-tanggung, cuaca yang kurang bersahabat menjadi pemicu melambungnya harga bahan dapur hingga mencapai 80 persen.

Informasi yang berhasil dihimpun Koranmemo.com, harga bahan dapur yang terlihat mengalami kenaikan cukup pesat yakni cabe besar dan tomat. Sejumlah pedagang pasar menyebut tingkat kenaikan mencapai 80 persen dibanding harga sebelumnya.

Salah satu pusat penyedia bahan dapur yang mengalami kenaikan yaitu Pasar Sukomoro Nganjuk. Di pasar ini harga beberapa kebutuhan dapur telah mengalami kenaikan sejak seminggu terakhir.

Seperti misalnya harga cabe besar yang sebelumnya di kisaran Rp 21 ribu per kilogram, kini harganya naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Sedangkan harga tomat yang sebelumnya Rp 5 ribu per kilogram, saat ini sudah menyentuh kisaran Rp 8 ribu per kilogramnya.

Umayah, salah satu penjual tomat di pasar tersebut berpendapat, penyebab kenaikan harga salah satunya akibat stok barang dari petani yang mulai menipis. Menurutnya, sejumlah petani telah beralih tanam ke sektor lain guna menghindari kerugian akibat dampak dari cuaca buruk.

“Sejumlah petani banyak yang beralih tanam. Musim hujan seperti ini kerap membuat bahan-bahan kebutuhan dapur mudah membusuk akibat lembab. Tentu saja berpengaruh pada kenaikan harga lantaran minimnya stok dari petani,” jelas Umayah.

Kenaikan harga seperti ini belum diketahui secara pasti akan berangsung seberapa lama. Bahkan, sejumlah pedagang memprediksi kenaikan harga masih akan terus melonjak selama beberapa hari ke depan.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz