Ciptakan Robot Kursi Berbasis Android

Sidoarjo, koranmemo.com – Prestasi mengagumkan diraih 3 pelajar SMA Muhammadiyah (SMAMDA) Sidoarjo. Mereka  menciptakan robot ansont atau robot kursi transportasi dengan remote android atau smartphone. Robot berbentuk kursi yang bisa dinaiki dan digerakkan dengan komponen elektronik dan diatur oleh andoird ini mampu bergerak ke berbagai arah.

Berbekal uang sekitar Rp 5 juta rupiah yang didapat dari sekolah dan waktu sekitar 10 hari, 3 pelajar masing-masing Satrio Adi, Lutfhiatul, dan Shafira ini mampu menciptakan robot android system orientation sense transportation (ansont) yang kini menjadi salah satu robot unggulan yang bisa membantu dan digunakan sebagai salah satu sarana transportasi. Dengan ciptaannya itu,  ketiga pelajar kelas X SMA tersebut dinobatkan sebagai juara pertama lomba science project yang digelar Universitas Indonesia di Jakarta.

Shafira Qiddist Sayyida, salah satu siswa perakit robot kursi transportasi mengatakan, ditinjau dari segi penggunaannya, robot transportasi dengan remote android ini cukup mudah digunakan untuk berbagai kalangan. Pemakai cukup duduk di atas kursi robot untuk kemudian menjalankannya dengan menggunakan android yang sudah terkoneksi dengan rangkaian elektrik yang berhasil dirakit. “Proses pembuatan robot ansont atau robot transportasi yang dijalankan dengan media android ini menggunakan komponen elektronik yang sederhana di antaranya drivermotor, aki, dynamo, motodici serta sejumlah kabel penghubung,” kata Shafira, Rabu (26/10).

Karena merupakan temuan pertama, kecepatan robot kursi transportasi dengan remote android ini hanya mampu melaju sekitar 12 kilometer per jam. (dan/mad)

 

Follow Untuk Berita Up to Date