Chainat Technical College Sambangi Cabdindik Kediri, Ada Apa

Kediri, koranmemo.com – Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Cabdindik) wilayah Kediri turut mendukung program pertukaran pelajar dari sekolah lain. Kali ini giliran Chainat Technical College Thailand yang mendatangi Cabdindik Kediri untuk melakukan pertukaran pelajar dengan sekolah menengah kejuruan (SMK) Al Huda Kota Kediri, Senin (17/9).

Trisilo Budi P., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kediri, mengatakan, dengan adanya pertukaran pelajar ini diharapkan sekolah tidak hanya membentuk karakter siswa dan menciptakan siswa dengan tingkat kelulusan yang baik, namun sekolah juga harus menciptakan  jiwa entrepreneur (wirausaha) dalam diri siswa.

“Ini juga menjadi sebuah terobosan untuk mengurangi angka pengangguran di tingkat usia remaja yang sudah lulus sekolah. Tidak mungkin hanya dengan melakukan pertukaran pelajar langsung diterima kerja. Namun minimal mereka mempunyai pengalaman dan keterampilan sesuai dengan jurusan yang mereka dapat selama di sekolah,” tutur Trisilo, Senin (17/9).

Sementara ini sekolah yang sudah berhasil melakukan pertukaran pelajar dengan sekolah luar negeri adalah SMK Al Huda. Selain dari Chainat Technical College, Intrachai Commercial College juga pernah melakukan pertukaran pelajar dengan SMK Al Huda. “Setidaknya di Kota Kediri ada yang mewakili, saya harap sekolah yang lain juga bisa melakukan hal yang sama,” imbuhnya.

Waluyo Sugiharto, Wakil Manajemen Mutu SMK Al Huda menambahkan, pertukaran pelajar ini tidak hanya sekedar saling bertukar materi dari masing – masing sekolah. Para pelajar mendapat banyak pengalaman dan materi baru seperti penambahan kosa kata, pengalaman mengoperasikan mesin yang tidak ada di sekolah, dan saling belajar tentang kultur dan budaya.

“Siswa dari SMK Al Huda juga berangkat ke Thailand, mereka didampingi guru sehingga tidak hanya siswa saja yang mendapat ilmu dan pengetahuan baru,” jelasnya. Di kantor Cabdindik Provjatim wilayah Kediri, masing – masing sekolah juga memperkenalkan jurusan yang ada di sekolah. Dari pengenalan jurusan, siswa dari Chainat Technical College dapat menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.

Sementara itu Bang-Orn Naituk, Deputy Director Chainat Technical College mengaku merasa senang dengan kerjasama ini. Ada delapan guru dan delapan siswa yang ikut pertukaran pelajar. Siswa Chainat Technical College dari jurusan teknik permesinan, teknik komputer, teknik otomotif, dan teknik listrik.

“Ini ketiga kalinya saya ke Indonesia, tapi baru ini saya melakukan pertukaran pelajar dengan SMK Al-Huda Kediri. saya harap ketika murid saya kembali ke Thailand, selalu memiliki kesan yang baik dan hubungan baik dengan SMK Al-Huda dan Kota Kediri,” katanya.

Ditambahkan, kali ini murid yang datang adalah murid tahun ajaran terakhir. Dan setalah lulus dari sekolah, saya harap mereka bisa melanjutkan ke universitas atau bekerja di kantor, industri bahkan membuka bisnis sendiri.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date