Cegah Macet Mudik Lebaran, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Lamongan

Lamongan, koranmemo.com – Mendekati lebaran, Polres Lamongan sudah merencanakan pemberian pembatas tengah jalan di beberapa titik wilayah yang dianggap sebagai biang kemacetan, apalagi jumlah pengguna jalan di saat arus mudik dan balik diperkirakan sangat padat.

Salah satu titik yang menjadi perhatian khusus jajaran Lalu Lintas yakni seputaran jalan raya Babat. Hal itu bisa terpantau ketika dalam tiap harinya nampak ruwet. Sudah barang tentu, jika beberapa hari mendekati lebaran dipastikan sangat banyak pengguna jalan sehingga akibatnya bisa macet total.

“Alternatif untuk meminimalisir kemacetan, kita akan memberikan batas jalan yang ada di tengah jalan. Tahun ini pemasangan itu kita ajukan, yakni pada H-10 lebaran. Fungsinya yakni untuk mengurangi kemacetan,” jelas Ipda Purnomo, Kanit Turjawali Satlantas Polres Lamongan.

Dijelaskan, pihaknya lebih fokus di titik jalan raya Babat, tepatnya di perbatasan Bojonegoro dan Tuban. Di situ, tambahnya, terdapat pasar yang selalu ada aktifitas bongkar muat barang. Jadi, sangat mungkin hal itulah penyebab kemacetan jika tidak dilakukan pengaturan jalan lebih awal. “Biasanya mendekati lebaran, dampak kepadatan itu akan terasa,” jelasnya.

Selain itu, suatu hal yang macet bisa juga ditimbulkan dari berhentinya MPU dan bus secara tiba-tiba di seputaran pasar. “Kita nantinya juga akan memberikan ketegasan kepada bus dan MPU. Maksudnya kita akan tidak segan  menindak jika ada driver yang nekat berhenti di depan pasar,” tegas Purnomo.

“Selain itu, kami juga akan menyiapkan beberapa petugas untuk ditempatkan dimana dalam kesehariannya dijadikan tempat mangkal bus maupun MPU di seputaran pasar. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kemacetan. Sebab, jalur itu merupakan jalur dimana menjadi akses wilayah Lamongan, Tuban dan Bojonegoro,” katanya.

Ketentuan itu saat ini menurutnya, masih belum diberlakukan, namun, setelah dilakukan pemasangan pembatas itu, baru itu diterapkan.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date