Cari Surat Bebas Narkoba, Ratusan Bacaleg Datangi BNN

Kediri, koranmemo.com – Ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri mulai mendatangai kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat. Ini dilakukan untuk mendapatkan surat keterangan bersih dari narkoba sebagai salah satu syarat pencalonan wakil rakyat.

Kasi Rahabilitasi BNN Kota Kediri, Duhia Rosyida mengatakan, bacaleg tersebut mulai mendatangi kantornya dalam dua hari terakhir, tujuannya adalah untuk mendapatkan keterangan bersih dari narkoba sebagai syarat maju menjadi calon legislatif. Namun tidak semuanya datang langsung, karena ada beberapa partai yang meminta pihak BNN datang langsung ke kantor mereka.

“Kemarin cukup banyak kalau hari ini sudah sepi. Untuk memudahkan memang kita memberikan pelayanan bisa langsung mendatangi kantor partai agar lebih mudah mengkoordinasinya. Ini masih kita jadwalkan pelaksanaan tes anti narkoba itu,” ujar Ida sapaan akrabnya, Rabu (11/7).

Sekitar 229 orang yang melakukan tes anti narkoba di BNN Kota Kediri. Ida mengaku, tidak semuanya dari bacaleg, ada juga dari masyarakat yang ingin melamar pekerjaan seperti sebagai calon anggota TNI atau Polri. Dari total tersebut, semuanya bersih dari pengguna narkotika.

“Untuk bacalegnya kita belum sempat mereka, tapi dari Juli ini ada 229 orang. Semuanya bersih tidak menggunakan narkotika,” ujarnya.

Sugianto salah satu bacaleg dari partai PKS mengaku sudah memiliki surat bebas narkoba dari BNN. Dalam proses itu dia datang sendiri ke kantor BNN karena di partainya tidak mengadakan pemeriksaan secara massal.

“Proses mendapatkan keterangan bebas narkoba ini gratis, hanya alatnya kita beli sendiri. Alhamdulillah saya sudah mendapatkan surat itu,” ujarnya.

Sementara, KPU Kota Kediri belum menerima pendaftaran bacaleg dari 16 partai yang ada. Proses pendaftaran itu akan terus berlangsung sampai tanggal 17 Juli 2018. “Masih belum ada partai yang mendaftar,” ujar Wahyudi Komisioner KPU Kota Kediri.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date