Cara Membuat Masker Lemon Untuk Kulit Wajah

Tips, koranmemo.com – Mempunyai wajah cantik alami dengan bahan-bahan alami tentu saja menjadi impian setiap wanita.  Karena itu banyak produk-produk perawatan kulit (skincare) yang di setiap iklannya selalu menekankan pada penggunaan bahan-bahan alami.  Salah satu buah yang kerap menjadi bahan untuk pembuatan produk skincare adalah lemon.

Lemon memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah kita.  Beberapa manfaatnya antara lain: mencerahkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat dan bintik-bintik hitam, mengecilkan pori-pori kulit, mencegah keriput serta kerutan, mengurangi minyak di wajah dan membersihkan serta menyegarkan kulit wajah kita.  Lemon biasanya diaplikasikan ke kulit wajah dalam bentuk masker.

Kalau ingin berhemat, kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli masker yang sudah jadi.  Kita bisa membuatnya sendiri karena caranya ternyata gampang dan bisa dipraktikkan di rumah.  Ada beberapa cara membuat masker lemon untuk kulit wajah kita sendiri.  Berikut beberapa cara untuk membuat masker lemon.  Masing-masing masker mempunyai manfaatnya masing-masing.

  1. Masker yang Hanya Terbuat dari Lemon

Ini adalah cara membuat masker lemon untuk kulit wajah yang paling sederhana.  Bahannya cukup 1 buah lemon saja.  Cara membuatnya: pertama-tama belah lemon menjadi dua, kemudian  diperas dan dituangkan ke sebuah mangkok kecil.  Oleskan lemon tersebut ke wajah, kemudian diamkan selama 15 menit.  Kalau sudah, bilas dengan air dingin.

Masker ini mempunyai manfaat untuk mengatasi jerawat di wajah kita karena lemon memiliki sifat asam yang bisa mengontrol kadar minyak di wajah.  Dengan begitu, bakteri yang biasanya menjadi penyebab munculnya jerawat dan komedo dapat dicegah.

Kalau untuk mengecilkan pori-pori, kita tidak perlu memerasnya.  Kita cukup membelah lemon menjadi dua bagian, kemudian kita usap-usapkan bagian dalam lemon ke wajah kita setiap hari.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon dan Madu

Pertama-tama, kita siapkan dulu dua sendok makan air perasan lemon dan satu sendok makan madu.  Kemudian, kita tuangkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk kecil lalu diaduk sampai rata. Setelah tercampur, baru kita oleskan masker tersebut ke wajah kita.  Kalau sudah kering, baru kita bilas dengan air dingin.

Masker ini mempunyai manfaat untuk mencerahkan kulit wajah, karena kandungan vitamin C di dalam lemon bisa mengangkat sel-sel kulit mati.  Apalagi ketika ditambah dengan madu.  Oleskan masker ini setiap hari, sehingga kulit wajah bisa lebih cerah secara alami.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon, Tomat dan Susu

Campurkan satu sendok makan perasan lemon dan dua sendok makan bubut tomat dengan susu putih secukupnya.  Setelah itu, baru kita oleskan di seluruh wajah dan tunggu sampai kering.  Kemudian, baru kita bilas dengan air dingin.  Kita bisa menerapkannya 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.  Tidak perlu khawatir, campuran ini bisa membantu memutihkan kulit wajah tanpa adanya efek samping.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon dan Ampas Teh

Pertama-tama, siapkan dulu 1 buah lemon segar dan ampas teh secukupnya.  Selanjutnya, ampas teh tersebut dihaluskan dengan menggunkan blender atau bisa juga dihaluskan secara alami.  Usahakan jangan sampai terlalu halus, karena kita akan menggunakannya sebagai scrub.  Setelah itu, kita campurkan ampas teh yang sudah dihaluskan dengan perasaan buah lemon.  Kemudian baru kita gosok-gosokkan ke wajah dengan diputar-putar secara lembut selama lima menit.  Hal ini bertujuan untuk mengangkat kotoran di permukaan kulit.  Diamkan selama satu jam agar merasap.  Apabila wajah kita sudah terasa mengencang, ambil air hangat, gunakan untuk membilas wajah sampai bersih.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon, Madu dan Minyak Zaitun

Pertama-tama, kita siapkan dulu air perasan lemon secukupnya, empat sendok makan minyak zaitum dan empat sendok makan madu.  Kalau sudah, campurkan semua bahan tersebut lalu diaduk-aduk sampai tercampur rata.  Sebelum kita gunakan, masukkan dulu masker tersebut ke dalam lemari pendingin selama 15 menit.  Kemudian baru kita oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah, kecuali bagian mata. Beri pijatan-pijatan lembut agar sirkulasi darah lancar dan kotoran terangkat semua.  Jangan langsung dibersihkan, tapi tunggu selama 30 menit hingga satu jam agar masker meresap.  Setelah itu, baru kita bersihkan masker dengan air hangat.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon dan Putih Telur

Selain lemon, putih telur juga memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah kita.  Putih telur dipercaya bisa mengencangkan kulit yang kendur.  Jika kita memadukan khasiat dari putih telur dengan lemon, maka kita bisa mendapat kulit wajah yang lebih kencang, segar dan bebas kusam.

Cara membuatnya cukup gampang.  Siapkan dulu putih telur ayam kampung, kemudian tambahkan perasan air lemon ke dalamnya kemudian aduk sampai rata.  Kita bisa mengaplikasikannya ke wajah setiap pagi sebelum kita menggunakan make up.  Setelah wajah kita diolesi masker, kita diamkan dulu selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat yang dilanjutkan dengan air dingin.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon dan Tepung Beras

Kita harus menyediakan tepung beras sebanyak dua sendok makan yang dicampur dengan lima sendok makan tepung beras.  Aduk-aduk terus sampai kedua bahan tercampur dan berbentuk pasta.  Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibasuh dengan air hangat yang kemudian dilanjutkan dengan dibasuh air dingin.

Perlu diketahui, tepung beras juga merupakan bahan masker alami yang apabila dicampur dengan lemon, bisa mengangkat sel kulit kita yang sudah mati.  Masker yang terbuat dari campuran dua bahan ini, bisa membuat kulit wajah lebih halus dan mudah menyerap nutrsi.

  1. Masker yang Terbuat dari Campuran Lemon dan Baby Oil

Masker dengan perpaduan dua bahan ini cocok sekali bagi kita yang memiliki kulit wajah berjerawat  serta berkomedo.  Masker ini membantu menghilangkan noda bekas jerawat dan menjadikan komedo di wajah kita lebih mudah untuk dibersihkan.  Cara membuatnya gampang sekali.  Kita tinggal mencampurkan perasan lemon dan baby oil dengan jumlah yang seimbang.  Maksudnya, kalau baby oil-nya satu sendok makan, maka perasan lemonnya juga satu sendok makan.

Setelah maskernya jadi, kita oleskan di wajah kita sambil dipijat-pijat, terutama di daerah yang banyak komedo dan bekas jerawatnya.  Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai terasa kering, baru kemudian dibilas dengan air dingin.

Nah, itu tadi delapan cara membuat masker lemon untuk kulit wajah beserta manfaatnya yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah.  Selain lemon, banyak kok sebenarnya bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah kita yang bagus untuk perawatan kulit.  Jadi, kalau bisa mendapat hasil yang bagus dengan alami dan murah, kenapa harus membuang uang untuk membeli yang sudah bercampur bahan kimia dan harganya mahal?

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date