Cantik dan Eksotis Dengan Henna

abstract-henna-paisley-peacock-background-12754249Kediri, Memo-Bagi anda pecinta serial televisi Mahabarata pasti tidak asing dengan henna. Lukisan dengan motif tertentu itu memang dapat dilihat di anggota tubuh para pemain serial yang diangkat dari salah satu legenda kepahlawanan India tersebut. Dalam serial itu, kebanyakan pemain terutama perempuan memang mempercantik penampilan dengan lukisan henna di tangannya.

Kata Henna berasal dari bahasa latin untuk tanaman lawsonia inermis yang diucapkan oleh orang Arab sebagai hinna. Tumbuhan itu dapat ditemukan di negara-negara seperti Pakistan, India, Afganistan, Mesir, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, Kenya, Iran dan Palestina. Tanaman itu diolah sedemikian rupa hingga berbentuk serupa pasta lalu digunakan sebagai salah satu bahan kecantikan.

Dahulu kala, pasta henna digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat kebahagiaan di dalam perkawinan nantinya, khususnya di negara India dan Pakistan. Warga setempat meyakini jika  henna yang dioleskan di tubuh berubah menjadi gelapmaka mengandung arti sang menantu perempuan akan disayangi oleh ibu mertuanya.

Seni lukis henna atau yang juga disebut mehndi merupakan salah satu cara mempercantik diri selain memakai make up atau perhiasan. Bisa dipakai sehari-hari, atau dikenakan dalam acara khusus seperti pernikahan. Di India, beberapa hari sebelum pernikahan dilangsungkan, mempelai perempuan akan menghadiri pesta mehndi yang diselenggarakan bersama keluarga dan teman. Tangan mempelai perempuan akan dihias mehndi dari ujung jari sampai siku, dan di kaki dari ujung kaki sampai lutut.Disitu nama mempelai laki-laki akan dituliskan secara tersembunyi di sela-sela mehndi yang dipasang dan akan dijadikan permainan kuis pencarian nama calonnya. Pada saat sebelum pernikahan dimulai, mempelai laki-laki harus menemukan lebih dahulu tempat tulisan namanya disembunyikan.

Dalam perkembangannya, penggunaan henna bergeser, tidak sekedar untuk momen tertentu tapi digunakan untuk mempercantik diri oleh kaum hawa secara lebih luas. Lukis henna yang hanya bersifat sementara dan bertahan antara lima hingga dua minggu, membuat lukis ini digemari berbagai kalangan dari berbagai usia.

Begitu pula di Kediri, seni lukis henna juga semakin populer. Salah satu gerai yang ramai dikunjungi oleh pecinta lukis henna atau mehndi adalah gerai Rumah Kuku yang ada disalah satu pusat perbelanjaan di Kota Kediri.

Pemilik gerai rumah kuku, drg Nina Agustinmengatakan jika seni lukis henna digemari karena halal untuk ibadah. “Kebanyakan konsumen saya dari berbagai usia. Ada yang masih anak-anak hingga ibu-ibu. Mereka pada umumnya suka henna karena sifatnya yang halal untuk beribadah,”ujar drg Nina.

Pemilik enam gerai yang ada di berbagai kota besar ini menambahkan, untuk motif lukis henna sendiri sangat banyak. Di katalog yang dia miliki saja ada sekitar 5000 motif.  Selain itu, terkadang konsumen juga membawa contoh motif sendiri sesuai selera mereka. “Untuk anak-anak, biasanya menyukai motif buah-buahan, rumah dan sebagainya. Untuk konsumen remaja, biasanya menyukai motif sesuai dengan trend yang sedang ada, misalnya ketika hari valentine mereka minta dilukiskan motif love. Sedangkan untuk wanita dewasa, kini sedang menggandrungi motif seperti yang digunakan pemeran serial mahabharata.  Sementara untuk para calon pengantin, mereka biasanya juga minta dilukiskan dan lazim disebut dengan wedding henna,” terang drg Nina.

Motif lukis yang terlihat rumitternyata tidak membuat pengerjaannya memakan waktu lama. Seperti dikatakan Eko, karyawati gerai Rumah Kuku. Dia mengaku tidak ada kesulitan berarti setiap menggambar motif yang diminta konsumen.  “Untuk mengerjakan motif tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk motif paling rumit saja, terkadang selesai dalam waktu sekitar 15 menit,” terangnya.

Sementara itu, Dian, salah satu penyuka lukis henna asal Banjaran Kota Kediri mengaku tertarik lantaranmotif lukisnya sangat indah. “Dulu hanya melihat saja, tapi kini saya tertarik dan ingin dilukiskan juga,” aku Dian, ketika sedang berada di gerai Rumah Kuku.  (gung).

 

Follow Untuk Berita Up to Date