Candi Klotok Potensi Wisata Baru Kota Kediri

Kediri, koranmemo.com – Selain memiliki Goa Selomangleng, Kota Kediri ternyata memiliki tempat situs lainnya yang masih memasuki area wisata goa. Setelah diekskavasi selama kurang lebih 10 hari oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur terlihat struktur bangunan candi terletak di Gunung Klotok. Wali Kota Kediri,  Abdullah Abu Bakar telah melihat langsung proses ekskavasi pihak BPCB Jawa Timur.

Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri mengatakan struktur candi sudah diketahui sejak puluhan tahun sebelumnya. Bahkan 7 tahun sebelumnya, wali kota berusia 38 tahun ini sudah meninjau langsung lokasi Candi Klotok ini. Namun baru setelah sekian tahun menunggu baru tahun ini struktur cadi diekskavasi oleh pihak BPCB.

“Saya sudah ke sini  (Candi Klotok) sekitar 7 tahunan lalu dan saat ini (Jumat, 14/9) sedang dilakukan ekskavasi oleh Badan Arkeologi BPCB. Semoga ke depan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Kediri,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Kediri menambahkan dengan adanya candi ini menambah destinasi wisata sejarah dan edukasi di Kompleks wisata Goa Selomangleng Kota Kediri. Untuk itu diimbau agar menjaga situs yang berkaitan dengan sejarah Kediri.

“Mari kita jaga dan lestarikan bersama-sama peninggalan sejarah ini,” pungkasnya.

Sedangkan Arkeolog BPCB Jawa Timur, Nugroho Harjo Lukito, menuturkan potensi ini bisa dikembangkan dengan melakukan konsolidasi. Yakni dengan memperbaiki struktur bangunan candi yang telah rusak dimakan usia.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor Drlla Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date