Caleg Stres Karena Tak Tepilih, RSUD Jombang Siap Melayani

Jombang, koranmemo.comRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang memang telah menyatakan kesiapan untuk menangani pasien gangguan jiwa termasuk seorang calon legislatif (caleg) yang dimungkinkan mengalami gangguan kejiwaan jika gagal terpilih pada Pileg 17 April 2019 mendatang.

Direktur Utama RSUD Jombang dr. Pudji Umbaran mengatakan,  rumah sakit plat merah tersebut akan melakukan beberapa metode perawatan sesuai dengan kebutuhan pemulihan terhadap kejiwaan calon pasien. Hanya saja yang paling bahaya adalah adanya upaya percobaan bunuh diri.”Upaya percobaan bunuh diri, dan kesengajaan menyiksa diri sendiri, biaya perawatannya tidak akan dicover BPJS. Saya rasa ini nanti malah menambah masalah dalam konteks biaya yang harus ditanggung (pasien),” kata dr Pudji Umbaran saat diwawancara Koranmemo.com , Kamis (14/3) pagi.

Dr. Pudji menjelaskan, sebagai rumah sakit rujukan regional jawa timur bagian tengah, memang RSUD Jombang memiliki pelayanan gangguan kejiwaan. Baik rawat jalan maupun inap.

“Kami memiliki spesialis kesehatan jiwa dengan dibantu seorang psikolog klinik memberikan pelayanan kepada pasien rawat jalan dan inap terbatas,” sambung dr. Pudji.

Begitu juga saat disinggung kesiapan pelayanan pemulihan kejiwaan terhadap caleg yang tidak menutup kemungkinan mengalami gangguan kejiwaan ketika gagal terpilih.

“Itu sangat dimungkinkan mengalami gangguan kejiwaan. Namun demikian segala sesuatu yang dibutukan telah kami siapkan. Baik untuk rawat jalan maupun inap,” ujar dr. Pudji.

Pudji memaparkan, meski dalam proses menjelang pendaftaran, para caleg juga telah menjalani pemeriksaan psikologi yang cukup ketat, namun untuk potensi timbulnya gangguan kejiwaan sangat dimungkinkan terjadi.

“Memang dulu ada hampir 1000-an (caleg) tidak hanya dari Jombang saja telah menjalani tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Disini secara keilmuan medis dapat diketahui seperti apa kondisi kejiwaan mereka. Ada juga yang tidak lolos juga,” urai dr. Pudji.

Namun jika nantinya ada caleg mengalami gangguan kejiwaan, pihaknya juga siap melakukan perawatan, disamping memang telah menjalin kerjasama dengan rumah sakit jiwa (RSJ) Menur Surabaya.

“Pada periode sebelumnya memang ada (pasien caleg). Dan almahdulillah dapat pulih sehingga rujukan ke RSJ Menur sangat minim. Namun kami juga menyiapkan kamar di Paviliun Mawar.

“Harapan kami ada kebesaran jiwa untuk caleg yang tidak terpilih. Namun jika memang mengalami gangguan kejiwaan, kami telah siapkan pemulihan.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date