Bupati Safari Jumat, Warga Keluhkan Sampah

Sidoarjo, koranmemo.com – Program Safari Jumat yang dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah masih terus berlansung, sejak dia melakukannya pertama kali 2010 lalu.  Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sidoarjo tersebut, dia melakukan salat Jumat di masjid-masjid warga sekaligus untuk berkomunikasi langsung dengan warga Sidoarjo. Banyak permasalahan yang disampaikan langsung kepada bupati dua periode ini pada saat Safari Jumat.

Abah Saiful, sapaan akrabnya, untuk Jumat (4/5) melakukan salat Jumat di masjid Ar Riyadloh, Desa Trompoasri, Kecamatan Jabon. Selain berinteraksi langsung dengan warga Desa Trompoasri, Abah Saiful juga memberikan bantuan dana hibah untuk pembangunan masjid Ar Riyadloh sebesar Rp 15 juta dan menyalurkan dana CSR (Corporate Sosial Responsibility) dari PDAM sebesar Rp 10 juta.

Selanjutnya Abah Saiful memberikan kesempatan kepada jamaah yang hadir untuk mengajukan pertanyaan seputar persoalan yang ada di desa maupun persoalan pemerintahan Sidoarjo.

Sutikno, tokoh masyarakat Desa Trompoasri mengeluhkan persoalan sampah ada di dekat kali mati dan jalan di desanya yang sempit, terutama jalan akses ke SD Trompoasri.  “Warga yang tinggal di dekat kali mati cukup terganggu dengan banyaknya warga yang membuang sampah di sana.  Bukan hanya warga Trompoasri saja yang membuang sampahnya di kali mati, warga Bangil Pasuruan juga membuang sampahnya di sana.  Baunya sangat menganggu warga sekitar kali mati,” keluhnya.

Kepala Desa Trompoasri, Samsul kemuadian mengusulkan agar di desanya dibuatkan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu), sebab selama ini warga membuang sumpahnya di Kali Mati karena memang tidak ada tempat lain. “Kami mengusulkan pada Pemkab Sidoarjo untuk membangun TPST desa Trompoasri agar warga tidak lagi membuang sampah di Kali Mati,” ujar Samsul.

Menanggapi itu, Abah Saiful akan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo melakukan  koordinasi dengan Desa Trompoasri terkait pembangunan TPST.  “Saya sangat mengapresiasi keaktifan warga Desa Trompoasri dalam membangun desanya,” ujar Abah Saiful.

Reporter : Yudhi Ardian

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date