Bupati Madiun Ingatkan ASN untuk Bersikap Netral

Madiun, koranmemo.com – Bupati Madiun Muhtarom mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap independen dan netral, memiliki kinerja yang baik dan produktivitas yang tinggi. “Tentunya harus terus mengedepankan pelayanan publik,” kata Muhtarom usai melakukan mutasi pejabat eselon III dan IV di Pendapa Graha Ronggo Djumeno Puspem Kabupaten Madiun, Jumat (12/1).

Dalam mutasi kali ini, ada 48 ASN yang dilantik. Yakni, sembilan pejabat administratur eselon III A dan III B, dan 33 pejabat eselon IV A dan 3 IV B. ‘’Karena ada yang pensiun dan meninggal dunia. Prinsipnya untuk mengisi jabatan yang kosong,’’ terangnya.

Salah satunya, posisi Camat Balerejo yang sebelumnya dijabat Mohammad Johan Arif Effendy yang meninggal dunia, kini dijabat oleh Bejo, sebelumnya Camat Kare . ‘’Memang sedang bejo.  Bejo sudah terlalu lama di atas (Kare, Red). Sudah waktunya digeser,’’ jelas

Ditegaskan, dalam pengisian jabatan tersebut, juga tidak sembarangan. Melainkan melalui penataan pola karir. Dimana, PNS tersebut harus menguasi tiga kompetensi dasar. Mulai kompetensi bidang teknis, manajerial dan sosial budaya. “Ketiganya memiliki bobot yang sama besar,” ujarnya.

Bahkan, Pemkab Madiun juga harus mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016, pemkab Madiun tidak diperkenankan melakukan pengisian jabatan enam bulan pasca pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2018. Sementara, masa kepemimpinan Mbah Tarom habis pada 23 Agustus. “Untuk mengisi jabatan yang kosong harus ada izin Kemendagri,” ucapnya.

Diperkirakan, pengisian jabatan akan kembali dilakukan karena ada sejumlah pejabat yang memasuki pensiun. Diantaranya, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperta) Muh Nadjib pada Juni, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Hekso Setyo rahardjo pada November, serta Asisten Administrasi Pemerintahan Agrim Kurnia.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.