Bupati Larang ASN Pakai Gas Melon 3 kg

Blitar, koranmemo.com – Bupati Blitar Rijanto memberi peringatan keras kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar yang menggunakan tabung gas LPG tiga kilogram.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, ASN adalah termasuk masyarakat mampu yang dibatasi sebagai pengguna tabung LPG 3 kilogram atau bersubsidi, yang diperuntukan bagi masyarakat bawah. Untuk itu Bupati menegaskan bagi ASN tidak diperbolehkan menggunakan  tabung gas LPG tiga kilogram atau gas Melon.

“Sejak dulu sudah saya larang, kedepan kami akan intensifkan pengawasan dan terus mengingatkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tak pakai tabung gas LPG 3 kilogram”, kata Bupati Blitar Rijanto.

Peringatan yang diberikan Bupati Blitar terkait penggunaan gas non subsidi bagi ASN ini bukannya tanpa dasar. Sebelumnya Bupati Blitar menerima surat Gubernur Jawa Timur Soekarwo, berkaitan dengan penggunaan tabung gas LPG tiga kilogram tepat sasaran. Surat tersebut juga diberikan kepada seluruh Walikota dan Bupati di Provinsi Jawa Timur.

Rijanto menegaskan, dalam Surat Edaran Gubernur Jatim tersebut, Gas LPG tiga kilogram hanya diperuntukan bagi rumah tangga dan kegiatan usaha mikro dan kecil. Hal itu dikuatkan  surat dari Dirjen Minyak dan gas Bumi, perihal pengendalian penggunaan tabung gas LPG, agar tepat sajaran.

“ASN itu kan masuk golongan mampu, jadi ya harus pakai LPG non subsidi,” tegas Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto menuturkan, memang tidak ada sanksi khusus bagi ASN yang kedapatan menggunakan tabung LPG tiga kilogram. Namun jika ada yang kedapatan menggunakan tentu menanggung sanksi moral.

“Seorang ASN itu wajib mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh kepala daerah. Jadi, meski tidak ada sanksi khusus tentu nanti akan malu sendiri kalau ketahuan”, ujar Bupati.

Aturan ini tak hanya berlaku bagi ASN, namun juga untuk pegawai BUMN, BUMD, pelaku usaha mikro yang memiliki kekayaan lebih dari Rp 50 juta.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date