Bupati Kediri Pantau Stand Pameran UMKM Kabupaten Kediri

Kediri, koranmemo.com – Sebagai bentuk kepedulian akan berkembangnya home industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kediri,  Senin (9/7) petang, Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno meninjau langsung area pameran stand UMKM di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG). Kehadiran Bupati Haryanti didampingi Adi Suwignyo Kepala Disparbud dan Krisna Setiawan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Kediri.

Mendampingi Bupati Kediri dalam tinjauan ini seluruh camat di Kabupaten Kediri. Satu setengah jam Bupati melakukan pantauan langsung ke seluruh stand UMKM dan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kediri, Seluruh Kecamatan dengan produk unggulanya. Perkembangan setiap tahunya usaha UMKM ini ada peningkatan dan memiliki daya saing.

Bupati Kediri dr HJ Haryanti Sutrisno mengatakan,adanya pameran UMKM yang digelar dalam rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata sekaligus Festival Panji Nusantara ini sebagai upaya peningkatan kualitas produk UMKM di Kabupaten yang memiliki daya saing tinggi.

“Dari pameran yang sering kita gelar ini adalah bukti bahwa produk UMKM di Kabupaten Kediri semakin dikenal orang dan kalau bisa juga mendunia. Kita ajak mereka secara intens mengikuti pameran skala lokal,provinsi dan nasional. Hal ini bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ekonomi dan pariwisata,” jelasnya.

Sementara Kepala Disparbud Kabupaten Kediri
Adi Suwignyo mengatakan, peningkatan pendapatan asli daerah melalui sektor ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Kediri setiap tahunya ada peningkatan. Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kediri beruapa menggandeng pengusaha UMKM yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM berusaha maksimal membina dan mengarahkan agar kualitas produk selalu meningkat.

“Pembinaan berkelanjutan terus kami lakukan kepada 400 pengusaha UMKM di Kabupaten Kediri. Mereka kita bina dan kita arahkan dalam upaya meningkatkan kualitas produk yang memiliki nilai jual dan ekonomis tinggi. Pola pengemasan hasil produk juga berpengaruh pada nilai jual yang dimiliki pengusaha UMKM Kabupaten Kediri,” katanya.(adv)

Reporter :  Bakti Wijayanto

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date