Bupati Kediri Kagumi Kualitas Panen Labu Madu di Desa Toyoresmi

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengapresiasi pemberdayaan ekonomi kreatif  yang dilakukan warga Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem. Dengan memberdayakan labu madu ekonomi masyarakat meningkat. Labu madu terbukti merupakan produk unggulan yang perlu dikembangkan.

Penanaman labu madu di wilayah Dusun Besuk Desa Toyoresmi terbukti menghasilkan panenan yang berlimpah. Secara umum di Desa Toyoresmi ini luas tanam Labu Madu mencapai 3 hektare. Untuk lahan 50 ru bisa menghasilkan  1,4 ton Labu madu dan yang sudah dijual menghasilkan uang Rp 11.500.000.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno melalui Krisna Setiawan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (kominfo) Kabupaten Kediri sangat peduli dengan kreativitas warga dalam pemberdayaan ekonomi warga. Seperti yang dilakukan warga Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem ini.

“Terbukti adanya inovasi teknologi pertanian dengan menanam labu madu masyarakat meningkat penghasilanya. Akhirnyapun peningkatan kesejahteraan warga bisa terangkat melalui inovasi penanaman labu madu yang penanamanya dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini,” katanya.

Ditambahkan, sejauh ini warga DesaToyoresmi sedang tertarik menanam labu madu. Bagi yang tidak punya sawah cukup di lahan kosong yang ada di rumahnya dan bisa diberdayakan. Pemanfaatan lahan kosong di rumah sudah dilakukan warga DesaToyoresmi dan terbukti menghasilkan.

Sementara Gatot Siswanto pemilik swalayan Gudange Tahu Takwa (GTT) dan petani labu madu mengatakan, untuk saat ini masa panen sudah selesai. Proses berikutnya untuk tanam baru di lahan seluas 3 hektare lebih di wilayah Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem. Diharapkan panenan berikutnya akan lebih bagus dan berkualitas.

“Kita berusaha maksimal agar panenan labu madu dengan ribuan bibit ini akan lebih baik dari sebelumnya. Kami berterima kasih pada Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno yang telah berkunjung ke lahan madu ini.Kehadiran Bupati Kediri ini bisa menambah motivasi petani labu madu semakin terpacu untuk maju,” jelasnya.(adv pemkab kediri)

Reporter: Bakti Wijayanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz