Bupati Emil Didaulat Sebagai Pembicara Rakernas Bencana di Jogyakarta

Trenggalek, koranmemo.com – Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak,vmenjadi salah satu pembicara dalam Rapat Kerja Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2017, Rabu (22/2).   Kegiatan yang diselenggarakan BNPB tersebut digelar di Hotel Sahid Raya, Yogyakarta.  Rapat Kerja Nasional tersebut digelar dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor ekonomi domestik, kebijakan penanggulangan melalui fokus pelestarian sumberdaya alam, lingkungan hidup dan pengelolaan bencana diarahkan untuk menurunkan indeks risiko bencana di 136 Kabupaten/Kota pusat pertumbuhan ekonomi nasional beresiko tinggi.

“Saat ini BNPB memfokuskan penanggulangan bencana yang diarahkan pada upaya pengurangan risiko bencana dan kesiapan menghadapinya,” kata Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak disela-sela kegiatan tersebut. Hal tersebut ditujukan untuk mendukung agenda pembangunan nasional sesuai Nawacita.

“Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa serta memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui kecepatan respon dalam penanganan darurat bencana,” lanjutnya.

Dalam acara diskusi tersebut Bupati Trenggalek menyampaikan materi terkait kebijakan dan pembelajaran atas pelaksanaan kebijakan penanggulangan bencana.

“Jika kita sudah mengalami, seperti di Trenggalek, maka kita bisa berikan paparan secara detail,” ujarnya.

Sementara, untuk memastikan tercapainya target pembangunan nasional sampai dengan akhir tahun 2019 nanti, pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat perlu meningkatkan kesiapsiagaan dan membangun strategi menghadapi bencana tahun 2017.

“Dengan sinkronitas program dalam kerangka perencanaan kerja tahun 2018, maka nantinya bencana mudah-mudahan bisa diminimalisir,”pungkasnya.

Dihadirkan dalam rapat nasional tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), unsur kementerian maupun lembaga terkait, serta para pelaku penanggulangan bencana lainnya guna mewujudkan “BPBD yang Tangguh, Teruji dan Profesional dalam Bingkai Kebersamaan”.  Rapat nasional tersebut diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 21 hingga 24 Februari nanti yang dikemas dalam kegiatan diskusi dan talkshow.(adv)

 

Reporter : Hamzah Abdillah

Editor : Della Cahaya Praditasari 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.