Bupati Ajukan 10 Raperda Dalam Paripurna DPRD Lumajang

Share this :

Lumajang,koranmemo.com-Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lumajang digelar di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Lumajang, Senin (12/2/2018), dengan agenda penyampaian nota penjelasan Bupati terhadap 10 Raperda Kabupaten Lumajang tahun 2018.

Agenda lain dalam paripurna kali ini yakni persetujuan dewan terhadap program pembentukan peraturan daerah tahun 2018, persetujuan dewan terhadap Penghapusan Piutang Pajak Daerah tahun 1994 sampai dengan tahun 2011.

Mengawali rapat paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Agus Wicaksono, S.Sos., menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Pemkab Lumajang yang sudah cukup baik dalam pelaksanaan maupun perencanaannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya WTP dan Nilai B untuk Sakip.

Dalam Rapat Paripurna di masa persidangan pertama DPRD tahun 2018 ini, Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., membacakan nota penjelasan atas pengajuan 10 Raperda Kabupaten Lumajang tahun 2018, dari 25 Raperda yang akan diajukan Pemerintah Kabupaten Lumajang, 10 Rancangan Perda tersebut diantaranya :

 

  1. Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lumajang Tahun 2015-2019;
  2. Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah;
  3. Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Tahun 2018-2032;
  4. Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan;
  5. Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial;
  6. Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin;
  7. Pengelolaan Air Limbah Domestik
  8. Pencabutan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Ijin Gangguan;
  9. Penyertaan Modal Kepada Perusahaan Daerah Semeru;
  10. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan Di Lingkungan Dinas Kesehatan.

 

Bupati meminta agar DPRD bisa segera mengkaji secara mendalam, sehingga dapat dibahas dalam agenda rapat selanjutnya. Pada kesempatan tersebut, Bupati juga “pamit” kepada seluruh mitra kerja Pemerintah Kabupaten Lumajang karena mulai tanggal 15 Februari 2018, dirinya resmi cuti untuk mengikuti masa kampanye Pilkada 2018.

Bupati juga menyampaikan, nantinya Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kdes., yang akan ditunjuk sebagai pejabat pelaksana tugas Plt Bupati. Bupati berharap kerjasama dan sinergitas yang terjalin antara Eksekutif dan Legislatif tetap terjaga baik untuk kesejahteraan masyarakat Lumajang.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz