Bulog Segera Distribusi Beras Sachet

Kediri, koranmemo.com – Beras sachet seberat 200 gram mulai beredar di sejumlah daerah. Beras kualitas premium yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah tersebut juga segera beredar di wilayah Kediri. Saat ini Perum Bulog Subdivre Kediri masih melakukan sosialisasi sebelum beras kemasan sachet diedarkan. Perusahaan plat merah yang membawahi tiga wilayah itu tengah menyiapkan beras kemasan sachet dengan jumlah mencapai 10 hingga 20 ton.

Defrizal, Kepala Perum Bulog Subdivre Kediri mengatakan, beras kemasan sachet itu nantinya juga akan disebarluaskan di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap. Untuk wilayah Kediri rencananya akan didistribusikan pada pertengahan bulan Juli hingga awal Agustus mendatang. “Jadi nantinya seluruh divre provinsi dan masing-masing subdivre di kota kabupaten akan menjual beras sachet tersebut,” ujarnya, Rabu (11/7).

Untuk saat ini, perusahaan plat merah itu masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi dilakukan melalui para pedagang di pasar maupun melalui rumah pangan kita (RPK) sebagai mitra kerja perum bulog. “Jadi kami akan kenalkan beras sachet ini ke masyarakat sebagai bentuk upaya  bulog menyediakan stok beras di masyarakat hingga ke pelosok-pelosok. Saat ini, kami tunggu instruksi dari pusat dan menerima barangnya dari Jatim. Karena sachet-nya itu di Jatim di wilayah Surabaya Utara,” jelas Defrizal.

Nantinya, bulog juga akan menentukan harga eceran tertinggi (HET) agar tidak terjadi kesenjangan harga beras.  “Beras sachet ini beratnya cuman sekitar 200 gram, 250 gram. Kita kondisikan nanti berapa HET-nya. Kalau tidak pertengahan bulan ini, mungkin awal Agustus nanti,” pungkasnya.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date