Bulan Ramadan, Penjualan Kurma Meningkat 70 Persen

Malang, koranmemo.com – Bulan Ramadan selalu identik dengan kurma. Hal tersebut menjadi berkah tersendiri bagi para penjual kurma, salah satunya di Jalan Embong Arab, Kota Malang. Permintaan akan buah kurma meningkat drastis selama periode bulan Ramadan 2018 ini.

Naufal Syeban, salah satu penjual kurma mengaku, memasuki Ramadan ke-10 ini penjualan kurma meningkat tajam hingga mencapai 70 persen dari hari biasa. Setidaknya ada 13 jenis kurma yang dia jual seperti kurma luluk, kurma tunisia, kurma madu, kurma madinah, kurma ajwa, kurma makkah, kurma thoory, kurma khidri, kurma sekkeri, kurma holas, dan lainnya.

Menurutnya, yang paling banyak digemari warga Kota Malang yakni kurma holas yang dibandrolnya sekitar Rp 60 ribu per kilogram dan kurma madu seharga Rp 80 ribu per kilogramnya. “Yang paling laku kurma holas dan madu, soalnya harganya tidak mahal, rasa buahnya enak, teksturnya lembut, cocok untuk orang tua atau bayi,” katanya.

Sementara, kurma yang paling mahal dia jual yakni kurma ajwa atau kurma Nabi yang memiliki warna hitam, biasanya untuk dikonsumsi dan keperluan pengobatan.

Naufal mengatakan, dia bisa menjual hingga 30 kilogram per hari dari berbagai jenis kurma selama momen Ramadan. “Biasanya akan meningkat terus hingga lebaran tiba,” ujarnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date