Bukit Tunggangan Trenggalek Terpilih Jadi Spot Festival Paralayang

Trenggalek, Koranmemo.com – Bukit Tunggangan di Kecamatan Durenan terpilih menjadi lokasi festival paralayang yang akan berlangsung pada 23 hingga 25 Agustus. Gunung Tunggangan dipilih karena memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah akses jalan cukup dekat dengan jalan provinsi hingga panorama alamnya yang indah.

Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Trenggalek, M Azmi Nikmal G mengatakan, terdapat dua kategori yang di gelar dalam festival itu. Yaitu ketepatan mendarat senior dan junior serta keindahan terbang dan tematik. “Targetnya 100 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia,” ujarnya pada media.

Event ini sekaligus menjadi titik tolak berkembangnya seluruh kegiatan paralayang di Trenggalek. Dia optimis target itu bisa terpenuhi. Berkaca dari event tingkat Jatim yang sebelumnya digelar, jumlah peserta membeludak. “Tahun ini harapannya peserta bisa lebih beragam jangkauannya,” kata dia.

Festival paralayang sebagai salah satu bentuk fokus pemerintah daerah (pemda) dalam mengembangkan desa wisata. Contohnya adalah Bukit Tunggangan yang merupakan inovasi wisata Desa Kendalrejo. “Kegiatan ini diharapkan memunculkan atlet berkualitas,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Mas Ipin menargetkan jangka panjang festival paralayang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kedepannya event itu bakal diselenggarakan secara berkesinambungan. “Selain menumbuhkan sektor ekonomi, nantinya juga mencetak atlet tangguh dari Trenggalek,” pungkasnya. (Adv)

Reporter Angga Prasetiya
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date