Buka Kelas Olimpiade Matematika dan IPA, Beri Tempat Siswa Berbakat

Kediri, koranmemo.com – Pembukaan Kelas Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar (SD) Negeri Banjaran 4 Kota Kediri dihadiri langsung oleh Chevy Ning Suyudi, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Kediri, Jumat (10/8). Program kelas olimpiade diadakan di setiap SD seluruh Kota Kediri, dan bertujuan untuk memberikan tempat bagi murid yang berbakat di bidang akademik. Ada sistem seleksi untuk kelas 3, 4, dan 5 SD, masing – masing kelas diambil 10 siswa.

Menurut Chevy, Kelas Olimpiade memberikan fasilitas untuk mendukung perkembangan bakat anak, namun bukan berarti anak – anak yang masuk kelas olimpiade lebih pandai dari anak – anak yang lain. Kemampuan dan bakat tiap anak berbeda. Meskipun tidak masuk dalam kelas olimpiade, namun bakat anak bisa muncul di bidang yang lain bukan hanya di bidang akademik.

“Dari sini orang tua dan guru lebih mengenal bakat anak sehingga ada pembagian tugas orang tua dan guru. Kalau guru bertanggung jawab memberi materi pelajaran, orang tua di Rumah juga harus bisa mendukung perkembangan bakat anak,” tuturnya.

Masih satu sekolah yang berhasil menjalankan program kelas olimpiade. Dan sebelum anak – anak masuk kelas olimpiade, dilakukan sistem seleksi di setiap jenjang mulai kelas 3, kelas 4 dan kelas 5 SD. Dari masing – masing jenjang dipilih 10 anak, dan ada lima pembimbing.

“Sementara masih SD Negeri Banjaran 4 yang ada sudah berjalan. Ke depannya jangan sampai pembinaan di kelas olimpiade ini hanya sebatas SD Banjaran, semoga ada SD yang menyusul. Dan orang tua juga mempunyai peran untuk mengarahkan anak di jenjang berikutnya,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date