Buka Final Kompetisi Koperasi, Bupati Blitar Berikan Pemahaman tentang Perekonomian

Blitar, koranmemo.com – Bupati Blitar Drs H Rijanto, MM membuka langsung Final Kompetisi Koperasi Siswa tingkat Kabupaten Blitar di salah satu Hotel di Kota Blitar, Sabtu (24/003. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto, MM mengatakan, kompetisi ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pelajaran dalam bidang ekonomi. Selain itu, untuk memberikan pemahaman tentang perkoperasian kepada masyarakat dan pelajar di Kabupaten Blitar.

Rijanto MM menambahkan, uji kompetensi koperasi siswa ini akan memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi para generasi muda khususnya siswa-siswi SMA dan masyarakat dalam hal perkoperasian.

Bahkan, menurutnya, kompetisi seperti ini dapat memberikan memotivasi bagi generasi muda dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang arti pentingnya berkoperasi. “Kompetisi seperti ini memberikan pengetahuan pada memasyarakat tentang pentingnya berkoperasi dan mengkoperasikan masyarakat,” ungkap Rijanto, Sabtu (24/03).

Ia berharap, dengan banyaknya generasi muda akan tumbuh kader-kader koperasi yang dapat dibanggakan pada masa mendatang. “Tentunya saya ucapkan terimakasih kepada unsur penggerak dan penggiat koperasi seluruh Kabupaten, karena kegiatan seperti ini bermanfaat untuk pengurangan kemiskinan, bermanfaat bagi penciptaan lapangan kerja, peningkatan kehidupan dan pemerataan pembangunan dimasyarakat,” kata Bupati.

Lebih lanjut Rijanto menjelaskan, bahwa kemajuan koperasi tidak terlepas dari komitmen dan kerjasama dari semua pihak untuk membangun koperasi. Ia memastikan, Pemerintah akan terus mendorong, memfasilitasi, memberdayakan koperasi dan UMKM melalui penciptaan iklim yang kondusif, peningkatan sumber daya manusia, kebijakan regulasi dalam usaha. Selain itu juga mendorong Dekopinda untuk selalu aktif sebagai mitra pemerintah dan penampung aspirasi gerakan koperasi.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menuturkan, melalui moment seperti ini apabila dilakukan sungguh-sungguh membangun koperasi secara bersama, maka koperasi akan menjadi kekuatan ekonomi yang dapat diandalkan.

“Kita berharap prestasi dan kegiatan yang baik dapat dipertahankan, serta ditingkatkan pada tahun mendatang. Ini tentunya dapat dijadikan semangat untuk berkarya membangun koperasi di Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Indra Gunawan mengatakan, kegiatan fasilitasi peningkatan kualitas kelembagaan koperasi ini dilakukan dengan maksud memberikan pemahaman tentang perkoperasian kepada masyarakat dan pelajar di Kabupaten Blitar.

Sedangkan tujuannya, diantaranya untuk mengukur tingkat kemampuan pengurus koperasi terhadap pemahaman ketentuan serta aturan yang berlaku, mengenalkan masyarakat dan pelajar tentang perkoperasian, serta mencetak kader-kader handal sebagai penerus atau pejuang koperasi.

“Rangkaian kegiatan ini kita mulai dengan seleksi uji kompetensi koperasi tingkat kabupaten Blitar yang telah dilaksanakan pada 13 maret 2018. Dari uji kompetensi tersebut terpilih 5 koperasi siswa terbaik untuk masuk pada tahap babak final ini,” jelasnya.

Untuk diketahui, 5 koperasi siswa yang masuk tahap final diantaranya koperasi siswa SMAN 1 Talun, koperasi siswa SMAN 1 Srengat, koperasi siswa SMAN 1 Garum, koperasi siswa SMAN 1 Kademangan, dan koperasi siswa SMAN 1 Sutojayan. Selain kompetisi koperasi siswa, juga diadakan kompetisi koperasi wanita.

Adapun koperasi wanita yang masuk final diantaranya, koperasi wanita cahaya pertiwi Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro, koperasi wanita Arta mandiri Desa Maliran Kecamatan Ponggok, koperasi wanita Putri melati Desa Jabung Kecamatan Talun, koperasi wanita Dewi Arimbi Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan, dan koperasi wanita Sinar perempuan mandiri Desa Sambigede Kecamatan Binangun.(adv/hms)

Reporter: M Robby

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date