Budidaya Ikan Sambil Ajak Warga Tidak Buang Sampah di Sungai

Malang, koranmemo.comSebanyak kurang lebih 150 keramba ikan dibudidayakan di sungai kasin yang berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Selain untuk berinovasi agar bermanfaat secara ekonomi, para warga di sana juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai, agar ikan-ikan yang mereka budidayakan bisa tetap hidup.

Angga Setia Madi, salah satu pemilik keramba ikan mengatakan, kegiatan budidaya ikan di keramba sudah ada sejak tahun 1992 lalu hingga berkembang sampai saat ini sudah mencapai sekitar 150-an keramba ikan yang dapat menjadi sumber mata pencaharian baru warga sekitar sungai Kasin tersebut.

“Dulu muncul ide untuk membuat keramba ikan lantaran warga membutuhkan penghasilan lebih. Ternyata berhasil dan hasilnya mampu mengangkat perekonomian warga juga,” ungkapnya.

Angga menambahkan, untuk jenis ikan yang dibudidayakan di keramba ini ada beberapa jenis ikan air tawar yakni ikan komet, nila dan tombro, ada beberapa juga ikan lele namun tidak begitu banyak. Sedangkan masa panennya dari keramba yang berukuran rata-rata panjang 2,5 meter dan lebar 1,5 meter berbahan baku bambu dan kayu tersebut dapat dipanen 2 atau 3 bulan sekali dan maksimal berisi 3 kuintal dalam sekaki panen. Jika 2 bulan sekali untuk jenis ikan nila bisa 6-7 ekor per kilogramnya. Jika 3 bulan dipanen bisa 4-5 ekor per kilonya.

“Tergantung pemiliknya dan kebutuhan masing-masing pemilik saja untuk memanennya,” paparnya.

Untuk budidaya ikan di sungai ini menurutnya ada beberapa kendala yang dialami. Salah satunya yang paling serius yakni terkait sampah warga yang dibuang ke dalam sungai. Pembuatan keramba ini juga untuk meminimalisir warga yang terbiasa membuang sampah. Namun kenyataanya, masih banyak warga yang tidak segan membuang sampah ke sungai. Dengan banyaknya sampah, air sungai sulit mengalir, padahal aliran sungai yang deras menjadi salah satu pengaruh perrumbuhan ikan.

 “Ya kami berharap untuk warga di luar daerah sini jangan membuang sampah di sungai karena ada kehidupan warga di aliran sugai tersebut,” pungkasnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya P

Follow Untuk Berita Up to Date