Budidaya Hidroponik sebagai Upaya Tingkatkan Perekonomian Keluarga

Sidoarjokoranmemo.com – Lapindo Brantas bersama komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif kembali menggelar Pelatihan Hidroponik di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin,  Sidoarjo. Mengambil tema “Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Pra Panen Hidroponik”, kegiatan ini juga menghadirkan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pemateri.

Afandi, pemateri seminar dari Dinas Pertanian Sidoarjo memgungkapkan, para peserta sangat antusias di pelatihan hidroponik kali ini. “Di sesi pertama dulu kami fokus di teori. Dan di sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal,” ujarnya, Selasa (5/2/2019).

Dikatakan, pihaknya selanjutnya bakal memberikan materi di pelatihan lanjutan dengan memfokuskan pada praktik menata tanaman ke alat KIT Hidroponik yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan.

Sementara itu, Koordinator Sidoarjo Positif, Vanda Ika menjelaskan, dengan kegiatan ini, diharapkan warga Desa Kalidawir dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi.

Selain itu, wanita yang akrab disapa Vanda ini juga menjelaskan, di sesi tersebut para peserta pelatihan bakal dibimbing dalam praktik hidroponik. Diungkapkan, hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif meningkatkan perekonomian keluarga maupun desa. “Melalui program hidroponik dengan lahan terbatas, namun tetap bisa melakukan pertanian,” ujar Vanda.

Dijelaskan, pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan budidaya hidroponik Lapindo Brantas bersama Sidoarjo Positif untuk beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas.

Warga sendiri melihat kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang mampu dimanfaatkan masyarakat desa. “Harapannya ke depan dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan peserta dari warga Desa Kalidawir, Tanggulangin, Siti Rokhilah mengaku senang adanya kegiatan seperti ini. “Terima kasih kepada Lapindo karena sudah memfasilitasi pelatihan hidroponik ini dan harapannya semoga bermanfaat,” ujar Siti Rokhilah,  perwakilan PKK Desa Kalidawir.

“Semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik, dan semoga Lapindo semakin sukses,” sambung Ketua PKK Rina Handayani.

Sementara itu Comunity Development PR Lapindo Brantas Inc yang turut hadir di acara, Fifin Fithriani memaparkan, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga, pemuda dan desa.

“Kami harap warga desa mampu mengembangkan  hidroponik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga Kalidawir sendiri,” ujarnya.

Menurut Fifin, kegiatan ini sendiri akan terus berlanjut hingga panen hidroponik siap untuk dilakukan.

Reporter : Yudhi Ardian

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date