Buaya di Atap Rumah, Gegerkan Warga Kedungkandang

Malang, koranmemo.com – Warga Jalan Ki Ageng Gribig Rt 02 Rw 01 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Rabu (10/07) pukul 17.00 WIB digemparkan dengan adanya seekor buaya ditemukan di atas genteng rumah warga. Sontak warga yang mengetahui langsung panik dan melaporkan ke Polsek Kedungkandang. Bahkan kabar ini juga sempat viral di media sosial.

Kapolsek Kedungkandang, Kompol Suko Wahyudi, menyampaikan, seorang warga bernama Junaedi melapor atap rumahnya jebol sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah dilihat, ternyata ada seekor buaya di genteng rumahnya. “Beberapa warga ketakutan dan lari ke Polsek melaporkan kejadian ini,” ujarnya, Rabu (10/07).

Dikatakannya, setelah mendapat laporan, beberapa petugas dan dibantu warga langsung mengevakuasi dan kini diamankan di Mapolsek Kedungkandang dan telah berkoordinasi dengan BKSDA. “Kalau jenis buayanya kami tidak tahu, biar pihak BKSDA yang menjelaskan,” imbuhnya.

 Terkait kepemilikan buaya, Kapolsek masih menyelidiki siapa pemiliknya kok bisa keluar rumah dan berada di atap rumah salah satu warga.

“Berdasarkan Pasal 21 Ayat (2) UU 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.Sanksi pidana bagi orang yang sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 Ayat (2) adalah pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta,”imbuhnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date