BPBD : Status Tanggap Darurat untuk Kecamatan Porong Dan Tanggulangin

Sidoarjo, Koranmemo.com – Dua Kecamatan di Sidoarjo yang dilanda banjir hari ini statusnya naik menjadi tanggap darurat.  Hal ini disampaikan kepala BPBD Sidoarjo Dwidjo Prawito usai melakukan rapat koordinasi bencana di kantor BPBD Sidoarjo Rabu, (29/11/2017).

“Mulai hari ini dua kecamatan yaitu Porong dan Tanggulangin dinaikkan statusnya menjadi tanggap darurat,” ungkapnya.

Status tanggap darurat untuk kedua kecamatan tersebut diputuskan setelah melalui berbagai kajian dan analisa yang sudah dilakukan.

“Tadi kita rapatkan dengan BPBD Jawa Timur, camat, kades terdampak, juga dari Polresta Sidoarjo, Kodim 0816, Dishub dan Pol.PP, bersama melakukan koordinasi untuk bahas bencana banjir yang ada di Sidoarjo,” terangnya.

Berbagai pertimbangan yang dilakukan dengan mengubah status bencana dari siaga ke  tanggap darurat kedua kecamatan tersebut karena kondisi air masih sangat tinggi dan tidak kunjung menurun sampai masuk ke rumah-rumah .

“Kecamatan Porong ketinggian air mencapai sekitar 50 cm lebih , kecamatan Tanggulangin 30-50 cm, dan kecamatan Candi tidak begitu parah ketinggian air hanya sekitar 20-30 cm dan sejauh ini warga terdampak dievakuasi dan tinggal di rumah saudara-saudara nya,”jelas Dwidjo.

Saat ini BPBD Sidoarjo lanjut Dwidjo, segera mendirikan Posko banjir yang disitu disediakan tempat penampungan, pos kesehatan dan dapur umum.

“Di Kecamatan Porong, posko didirikan di Candi Pari, Kecamatan Tanggulangin di Pasar Wisata dan Kecamatan Candi posko di desa Sumorame dan desa Pecabean,” jelasnya.

Data dari BPBD Sidoarjo ,banjir tahun ini telah merendam tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang terdiri dari  lima desa di Kecamatan Porong (Candipari Wunut, Pesawahan, Kesambi, Kd.boto, Pamotan), 7 Desa Kecamatan Tanggulangin (Ganggang Panjang, Ketegan,randegan, Kedensari, Boro, Kalitengah,Kampak) sedangkan di Kecamatan Candi ada  (Sumorame, Pecabean, Karang Tanjung, Balong gabus).

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.