Bongkar Kotak Amal, Warga Banjarmlati Ditangkap

Kediri, koranmemo.com –– Ues warga RT 02/RW 09 Kelurahan Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, diamankan petugas Unit Reskrim Polsek Mojoroto, Kamis (16/5) sekitar pukul 01.00 WIB. Lantaran, pelaku diketahui warga sedang membongkar kotak amal musala Al Ikhlas di Jalan Taman Hapsari RT 05/RW 01 Kelurahan Tamanan.

Kanit Reskrim Polsek Mojoroto, Iptu Priyo Eko Haryono mengatakan, petugas yang datang ke lokasi kejadian, berawal dari laporan masyarakat mengenai laki-laki yang mencuri uang  di dalam kotak amal musala. “Dari tangan tersangka, petugas menyita uang tunai yang diambil dari dalam kotak amal,” jelasnya, saat ditemui Koranmemo.com.

Uang yang diambil, berjumlah Rp 1.443.000. Posisi kotak amal yang berada di luar musala, mempermudah tersangka melakukan aksinya. Ia membuka kotak amal yang terbuat dari kayu itu, menggunakan obeng. Setelah berhasil membuka pengaman (kunci) kotak amal, tersangka leluasa mengambil uang tersebut.

Menurut Priyo, tersangka dapat ditangkap, karena salah satu warga sekitar musala mendengar suara seperti seseorang membuka kunci. Setelah itu, terdengar suara gaduh dari musala. Penasaran, saksi langsung melihat melalui jendela rumah. Setelah diamati, ternyata ada seseorang yang sedang mengambil uang dari kotak amal.

Mengetahui hal tersebut, saksi yang bernama Karjono (52) warga RT 05/RW 01 Kelurahan Tamanan, segera memberi tahu Muhadi (41). Mereka yang mengetahui aksi tersangka, segera meminta warga untuk berupaya menahan sampai petugas kepolisian datang ke lokasi kejadian.

Petugas yang tiba di lokasi kejadian, membawa tersangka beserta obeng, kotak amal, dan uang tunai sejumlah Rp 1.443.000 ke kantor Polsek Mojoroto untuk proses penyelidikan lebih lanjut. “Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka dijerat dengan pasal 364 tentang tindak pidana pencurian ringan,” tutur Priyo.

Pasalnya, jumlah kerugian akibat perbuatan tersangka di bawah Rp 2,5 juta sehingga termasuk tindak pidana ringan (tipiring). Dengan demikian, dari petugas Unit Reskrim dilimpahkan ke Unit Sabhara untuk proses hukum tipiring. Sementara ini, tersangka masih berada di kantor Polsek Mojoroto sampai pihak keluarga datang untuk menjemput.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date