Blitar Tuan Rumah Penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017

Share this :

Blitar,koranmemo.com – Penutupan pekan Kirab Pemuda Nusantara 2017 di lapangan Pendopo Sasana Adhi Praja Kabupaten Blitar, Kamis (7/12), berlangsung sukses dan meriah, dengan disaksikan ribuan peserta upacara. Dengan slogan berani bersatu, kegiatan ini mendapat aplaus meriah dari semua peserta upacara.

 Penutupan kirab pemuda ini dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Sesmenko Polhukam Letjend TNI Yoedi Swastono, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Moechgiarto, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Mahfud Arifin, Bupati Blitar Rijanto.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Timur Soekarwo membanggakan potensi wisata dan sumber daya alam dari Jawa Timur, khususnya Blitar.

“Blitar ini dipilih sebagai tempat penutupan Kirab Pemuda Nasional 2017. Blitar ini luar biasa, semua potensi sejarah, wisata dan sumber daya alam ada dan melimpah. Dari Blitar pula sejarah Indonesia lahir sampai merdeka,” kata Pakde Karwo dalam sambutannya, Kamis (7/12).

Sementara Menpora Imam Nahrawi menyatakan terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara ini. “Ini adalah perjalanan awal para pemuda Indonesia. Tahun depan kami adakan lagi dengan lebih banyak titik yang dikunjungi. Kalau sekarang hanya 100 titik, tahun depan direncanakan ada 500 titik akan dikunjungi tim inti Kirab Pemuda Nusantara 2018. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung sepenuhnya acara ini. Hingga hari ini kita bertemu di Blitar sebagai puncak acara,” kata Nahrawi.

Dalam kesempatan ini, Menpora mendapat penghargaan dari komunitas musikus indie label. Menpora dinilai berperan aktif mengembangkan dan memberikan sarana perkembangan musik indie label di Indonesia.

Selain itu juga diserahkan piagam MURI dari Bupati Blitar Rijanto kepada Menpora atas penciptaan rekor baru, yakni pembaca kitab suci terbanyak di dunia. Sebanyak 11.328 pembaca kitab suci dari enam agama membaca kitab suci mereka masing-masing di Kampung Coklat, Kademangan Kabupaten Blitar yang dilakukan pada Rabu (6/12) kemarin.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar kesetiaan pada NKRI dan Pancasila. Ikrar dibacakan oleh 72 tim inti Kirab Pemuda Nusantara 2017 yang mewakili pemuda di seluruh Indonesia.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz