Berkunjung ke Kota Blitar, Jangan Anda Lewatkan Tempat Ini…

Blitar, koranmemo.com – Selama ini Blitar terkenal dengan tempat wisata sejarah makam Bung Karno dan Candi Penataran. Tapi jangan salah, sekarang wisata buatan berbasis pertanian memang sedang berkembang di Blitar.

Di Kota Blitar ada Agrowisata Belimbing Karangsari, bagi para pecinta buah belimbing belum afdol kalau belum pernah mampir ke Agrowisata Belimbing Karangsari. Agrowisata yang terletak di Jl Cemara No 303 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, ini merupakan penghasil belimbing kualitas unggul.

Belimbing Karangsari merupakan varietas asli yang dimiliki Kota Blitar yang terkenal dengan sebutan belimbing merah. Buahnya lebih besar dan rasanya manis.

Lokasi wisata ini juga mudah dijangkau. Agrowisata Belimbing Karangsari berada di jalur alternatif Blitar-Tulungagung lewat Ngunut. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Ada penunjuk arah menuju ke tempat wisata ini.

Begitu masuk kawasan wisata, Anda langsung disuguhi replika raksasa Belimbing yang menjadi ikon Kota Blitar.

Di depan rumah penduduk juga terlihat banyak pohon belimbing. Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 2.000 per orang untuk masuk ke kawasan wisata. Kalau Anda ingin masuk ke kebun belimbing, Anda harus membayar lagi Rp 10.000 per orang.

Dengan biaya masuk itu, Anda bisa melihat-lihat pembudidayaan buah belimbing sepuasnya. Anda juga bisa mencicipi belimbing unggulan langsung dari pohonnya.Anda tinggal memetik sendiri lalu langsung memakannya. Rasanya lebih segar dan manis.

Kalau Anda ingin membawa pulang belimbing untuk oleh-oleh, Anda bisa memetiknya sendiri.  Pohon belimbing tidak terlalu tinggi, dengan berdiri Anda sudah bisa memetik buahnya seperti di kebun sendiri. Kalau dibawa pulang, Anda cukup membayar Rp 10.000 per kilogramnya.

Agrowisata Belimbing Karangsari lumayan luas menempati lahan seluas 5 hektare dengan populasi pohon sekitar 2.000 pohon. Dalam satu tahun, agrowisata belimbing ini bisa empat kali panen. Belimbingnya lumayan besar. Satu buah beratnya bisa mencapai 6 ons. Rasanya manis dan dagingnya lembut.

Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan dan minuman olahan berbahan belimbing. Mulai keripik belimbing, permen belimbing, manisan belimbing, sampai minuman sari belimbing. ”Untuk sementara, kami hanya buka Sabtu-Minggu dan hari besar,” kata Ketua Tim Pengelolaan Agrowisata Belimbing Karangsari, Widodo SP.

Agrowisata ini mulai dirintis sejak 2007. Tetapi, peresmian agrowisata baru dilakukan sekitar 2013.Sampai sekarang, agrowisata itu terus mengembangkan populasi belimbing. Salah satunya dengan mendorong masyarakat agar menanam pohon belimbing di tiap perkarangan rumah.

”Ke depan, kampung sini mau dijadikan kampung belimbing. Berarti begitu masuk kampung, di halaman rumah warga sudah banyak pohon belimbing,” ujarnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Satu tanggapan untuk “Berkunjung ke Kota Blitar, Jangan Anda Lewatkan Tempat Ini…

  • 16:18 ,10 Juli 2018 pada 16:18
    Permalink

    I often visit your blog and have noticed that you don’t update it often. More frequent updates will give your website higher authority & rank in google.

    I know that writing content takes a lot of time, but you can always help
    yourself with miftolo’s tools which will shorten the time of
    creating an article to a couple of seconds.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.