Berkas dan Tersangka Guru Cabul Dilimpahkan Kejaksaan, Praperadilan Terancam Gugur

Lamongan, koranmemo.comPerkara terduga pencabulan AG salah satu oknum guru SMK Negeri di Lamongan sudah memasuki tahap II. Berkas perkara maupun tersangka juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Lamongan. Setelah dilimpahkan, Kamis (21/3), AG langsung dijebloskan di Lapas kelas II B Lamongan.

Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Wahyu Norman Hidayat saat dikonfirmasi koranmemo.com menjelaskan, proses hukum tersangka atas nama AG sudah tahap II. “Baik berkas maupun tersangka sudah kami limpahkan ke Kejaksaan,” kata Wahyu.Sementara itu, Parlindungan Sitorus, salah satu penasihat hukum AG menanggapi pelimpahan tersebut adalah bentuk kesewenang-wenangan penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Menurut dia, masa penahanan klien kami berakhir tanggal 19 Maret 2019.

Tapi, menurutnya, surat tersebut diserahkan malam hari jam 22.30 WIB dan surat itu tidak diserahkan kepada pihak keluarga kliennya. “Saya menilai, pelimpahan perkara ke Kejaksaan adalah upaya penyidik untuk menggagalkan praperadilan yang kita mohonkan di PN Lamongan,” tandasnya.

Menurutnya, pelimpahan tahap II oleh penyidik Polres Lamongan sangat berpengaruh pada proses praperadilan yang diajukan, kembali Sitorus mengakui hal itu bisa saja terjadi. “Padahal, proses praperadilan itu adalah upaya kami merupakan kontrol atas tindakan penyidik,” katanya.

Mengenai ada putusan Mahkamah Konstitusi jika terdapat praperadilan yang sudah didaftarkan ke Pengadilan, lalu, pokok perkaranya tetap berlanjut hingga proses persidangan, maka proses praperadilan bakalan gugur, Sitorus menilai pihaknya bakal tetap berupaya akan membuktikan jika kliennya tidak bersalah.

Bahkan, Sitorus menyebut pihaknya sudah memegang bukti jika kliennya tidak bersalah. “Salah satunya, kami sudah melakukan test psikis terhadap klien kami, dan hasilnya nanti kami akan sampaikan di dalam persidangan,” imbuh Sitorus sembari meminta penyidik tetap menghormati asas praduga tak bersalah.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date