Berfoto di Sawah Cantik Bulak Widoro

Yogyakarta, koranmemo.com – Selama ini, wisata yang paling terkenal dari kota Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta adalah deretan pantainya yang indah. Namun, sekarang ada satu tempat lagi yang menawarkan keindahan, namanya Bulak Widoro. Di tempat ini, pengunjung bisa berfoto di tengah areal persawahan berwarna hijau dan hamparan bunga warna-warni di sekeliling sawah.

Bulak Widoro ini merupakan areal persawahan yang kemudian dikembangkan oleh masyarakat setempat.  Perlu diketahui, daerah Wonosari terkenal akan lahannya yang kering.  Masyarakat hanya akan bertani ketika muncul musim hujan atau menggunakan sistem tadah hujan.

Hanya beberapa daerah saja yang bisa memiliki sumber air melimpah. Salah satunya di Desa Gejahan, Kecamatan Ponjong.  Sawah yang ada di Desa Gejahan ini dikembangkan oleh masyarakat menggunakan sistem lahan terpadu.

Maksudnya, di sekeliling areal persawahan ditanami bunga atau tanaman yang mengandung serbuk sari, seperti bunga Selosia, atau bunga matahari. Hal ini bertujuan agar menarik perhatian hewan, seperti tawon, atau capung. Harapannya, hewan-hewan ini bisa membantu petani untuk memakan hama yang mengganggu tanaman padi.

Keindahan yang ditawarkan di Bulak Widoro yang baru saja dibuka tersebut berawal dari hal yang sepele. Awal mulanya munculnya ide membuka obyek wisata tersebut lantaran tanaman padi milik para petani kerap kali terserang hama. Mereka kemudian mencoba menanam bunga di sekitar tanaman padi yang menghasilkan serbuk sari dengan tujuan hama tak menyerang lahan pertanian mereka.

Seiring berjalannya waktu, bunga matahari serta celosia yang tumbuh subur di tengah sawah itu kerap digunakan untuk ajang selfie masyarakat. Sejumlah warga yang melihat potensi wisata lantas berusaha mengembangkan dengan menambah sejumlah fasilitas.

Di lokasi tersebut, warga membangun jembatan bambu serta gubuk-gubuk yang semakin menambah daya taris serta eksotisme Bulak Widoro.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date