Berdakwah Dengan Melodi, Bawa Pulang Rp 100 juta Dari Jakarta

Kediri, koranmemo.com – Kementerian Agama bekerjasama dengan salah satu stasiun televisi swasta menggelar ajang Syiar Anak Negeri selama bulan Ramadan ini. Acara ini merupakan ajang pencarian bakat remaja untuk berdakwah melalui syair dan syiar dalam lomba nasyid tingkat SMA/SMK sederajat. Dalam lomba ini, MAN 2 Kedir mewakili Jawa Timur dan berhasil menjadi juara pertama dalam lomba tersebut.  Grup yang terdiri dari 5 orang siswa tersebut berhak membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp 100.000.000.

Wildan Habibi, salah satu personel Alfa Voice MAN 2 Kediri menceritakan, Alfa Voice mengikuti seleksi awal pada 14 Mei lalu. Dari 138 grup yang mendaftarkan diri, Kementerian Agama hanya memilih 12 grup terbaik. Yang menjadi juri saat itu adalah perwakilan dari Kementerian Agama, stasiun televisi terkait, Majelis Ulama Indonesia, serta Asosiasi Nasyid Nusantara.

Selanjutnya, ada 3 tahap seleksi lagi dan ditayangkan di televisi, yaitu, tahap penyisihan dari 12 grup, tahap semifinal dari 6 grup yang lolos tahap penyisihan, dan grand final yang hanya menampilkan 3 grup.

“Saat masa karantina dan tahap penyisihan benar – benar grogi, karena peserta lain juga bagus – bagus,” jawab M. Wildan Habibi (17), salah satu personel Alfa Voice MAN 2 Kediri.

Wildan mengatakan, mereka dikarantina selama 1 bulan.  Setiap grup mendapat mendapat 2 mentor yaitu dari Kemenag RI dan ANN. Para peserta dibimbing dan diberi arahan oleh para mentor untuk bagian dakwah dan aransemen lagu yang akan dibawakan.  Alfa Voice menjadi satu – satunya grup yang tidak memakai alat music.  Mereka menghasilkan musik hanya dari mulut (acapela).

“Dari semua grup, hanya Alfa Voice yang akapela.  Lainnya masih menggunakan bantuan musik pengiring dari pihak televisi,” sahut Abdul Fakhor, guru Quran Hadis dan pembina Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sekaligus pembimbing nasyid.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date